Karhutla di Bireuen Aceh Melahap 7 Hektare Lahan
DOK VIA BNPB

Bagikan:

ACEH – Terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Krueng Simpo, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, Aceh. Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mengungkapkan, karhutla berdampak pada area seluas 7 hektare yang berada di perbatasan Bireuen dan Kabupaten Bener Meriah. 

Berdasarkan informasi dari Kepala Dusun Mina, area terdampak kebakaran terdiri atas lahan pemerintah seluas 2 hektare, sisanya milik masyarakat. Karhutla tersebut baru diketahui oleh warga saat api sudah melahap sekitar 1 hektare lahan kosong milik pemerintah daerah. 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangan tertulis pada Selasa, 12 Oktober, menjelaskan, upaya pemadaman dilakukan oleh tim gabungan. Koordinasi dengan perusahaan dilakukan untuk membuka akses jalan sehingga memudahkan kendaraan pemadaman mencapai lokasi kebakaran.

Karhutla Terjadi, Tanah Masuk Kategori Mudah dan Sangat Mudah Terbakar

Berdasarkan Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kabupaten Bireuen, titik api telah berhasil dipadamkan. Setelah titik api berhasil dimatikan, petugas gabungan melakukan pendinginan untuk memastikan api benar-benar padam. Petugas BPBD masih memutakhirkan total area terdampak pascapemadaman. 

Terpantau dari beberapa citra satelit dengan tingkat kepercayaan tinggi, seperti Landsat-8, SNPP, NOAA20, dan Terra/Aqua, tidak terpantau titik panas atau hot spot di wilayah Aceh. Namun demikian, pemerintah daerah perlu meningkatkan kesiapsiagaan, khususnya upaya pencegahan karhutla yang dapat meluas. 

Tingkat kemudahan terbakar di lapisan atas permukaan tanah sebagaimana diinformasikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), beberapa wilayah di Aceh, termasuk Kabupaten Bireuen, berada pada kategori mudah dan sangat mudah terbakar. 

Sementara itu, berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, rekapitulasi sementara luas karhutla di Provinsi Aceh pada tahun ini mencapai 681 hektare.

Artikel ini telah tayang dengan judul 7 Hektare Kawasan Hutan dan Lahan Krueng Simpoe Aceh Terbakar.

Selain kebakaran hutan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!