Karhutla di Aceh Melahap Sekitar 1 Hektare Lahan Warga
Satu hektare lahan terbakar di kawasan Desa Simpang Empat Rajawali, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah, Rabu (6/7/2022). (ANTARA/HO-BPBD Aceh Tengah)

Bagikan:

ACEH - Musim kemarau basah, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menghanguskan sekitar satu hektare lahan. Karthutla di Aceh itu terjadi di Desa Simpang Empat Rajawali, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah.

“Kondisi terakhir api sudah berhasil dipadamkan petugas di lapangan,” terang Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas, melalui Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) di Banda Aceh, Rabu, 6 Juli, dikutip VOI dari ANTARA.

Pemadaman Karhutla di Aceh

Dia menjelaskan, kebakaran yang melahap lahan warga itu terjadi sekitar pukul 11.50 WIB. Sementara, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan petugas.

Ilyas mengatakan, BPBD Aceh Tengah mengerahkan satu unit armada pemadam kebakaran (damkar) pos induk ke lokasi karhutla untuk menjinakkan si jago merah. Sekitar pukul 13.50 WIB, petugas berhasil memadamkan api sehingga tidak merembet ke lahan lain.

“Kita mengerahkan satu unit armada Damkar pos induk untuk pemadaman. Untuk penyebab masih dalam dalam penyelidikan,” katanya.

Kemarau Basah di Aceh

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa saat ini Aceh masih dalam musim kemarau basah. Diperkirakan, kondisi ini bertahan hingga September 2022.

“Maka kita mengimbau warga tidak membuka lahan dengan cara membakar di tengah musim kemarau ini,” kata Koordinator Data Data dan Informasi BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar Zakaria Ahmad.

Apalagi, kata Zakaria, selain musim kemarau basah, Aceh juga sedang dalam musim angin barat. Biasanya kecepatan angin pada musim ini bisa mencapai antara 20--60 kilometer per jam, dan telah masuk kategori angin kencang.

“Kita masih dalam musim kemarau basah, jadi kadang-kadang pagi hujan, nanti siang atau sore sudah cerah, jadi masyarakat perlu waspada,” katanya.

Sebagai informasi kemarau basah merupakan kondisi masih terjadi hujan meski memasuki musim kemarau.

Artikel ini telah tayang dengan judul Satu Hektare Lahan Aceh Terbakar di Tengah Kemarau Basah.

Selain Karthutla di Aceh, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.