Kebakaran Hutan dan Lahan Hanguskan 5 Hektare Lahan di Lhokseumawe
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

ACEH - Beberapa waktu lalu terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Aceh yang menghanguskan sekitar lima hektare lahan di Gampong Padang Sakti, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe.

“Kondisi terakhir api belum berhasil dipadamkan,” terang Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas, Rabu, 22 Juni, dikutip VOI dari Antara.

Penyebab Kebakaran Hutan dan Lahan Belum Diketahui

Melalui Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Aceh, Ilyas menjelaskan, kebakaran lahan terjadi pada Rabu sekitar 15.30 WIB. Penyebab kebakaran tersebut masih diselidiki. 

Dia mengatakan, BPBD Lhokseumawe langsung menerjunkan satu kendaraan pemadam kebakaran (damkar) ke lokasi kejadian setelah menerima informasi kebakaran tersebut. Kebakaran lahan semalam tidak menyebabkan korban jiwa.

“Data sementara luas lahan yang terbakar kurang lebih lima hektare. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” kata Ilyas.

Aceh Masuk Musim Kemarau

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan saat ini Aceh telah memasuki musim kemarau. Oleh sebab itu, warga diimbau tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara pembakaran.

“Saat ini Aceh sudah memasuki musim kemarau, kami imbau masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar,” terang Koordinator Data dan Informasi BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar, Zakaria Ahmad.

Menurut Zakaria, musim kemarau ini diperkirakan berlangsung hingga September 2022. Namun, kondisi ini tidak menutup kemungkinan akan terjadinya hujan, karena saat ini merupakan kemarau basah.

Masyarakat diminta waspada karhutla terutama di wilayah barat selatan Aceh yang memiliki paling banyak lahan gambut sehingga sangat mudah terbakar ketika ada pemicu seperti titik panas.

“Potensi karhutla di barat selatan Aceh itu tingkat waspada atau sedang, karena di daerah ini di samping banyak hutan gambut kemudian juga hujan ringan dan cerah berawan,” katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Hektare Lahan di Aceh Terbakar di Tengah Musim Kemarau.

Selain kebakaran hutan dan lahan, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.