Kebakaran Hutan Lahan Gambut di Nagan Raya Berhasil Dipadamkan
Petugas BPBD terus berupaya memadamkan api di lokasi kebakaran lahan gambut, di kawasan Desa Pulo Kruet, Kecamatan Darul Makmur (Via ANTARA)

Bagikan:

ACEH - Terjadi kebakaran lahan gambut seluas 23 hektare di Desa Pulo Kruet, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya. Hal tersebut disampaikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh. Pada pekan sebelumnya, luas lahan yang terbakar sekitar tujuh hektare saja.

Menurut keterangan Sekretaris BPBD Kabupaten Nagan Raya, Said Nazaruddin, dari total luas lahan yang terbakar, 20 hektare lahan sudah berhasil dipadamkan ketika dimintai keterangan. 

"Hanya tiga hektare lagi yang terus berupaya kita lakukan pemadaman,” terang Said Nazaruddin di Nagan Raya, dikutip VOI dari Antara, Senin, 30 Mei.

Upaya pemadaman Kebakaran Lahan Gambut

Dia menjelaskan, upaya pemadaman api di lokasi tersebut melibatkan personel BPBD Nagan Raya, TNI, Polri, Polhut, karyawan perusahaan perkebunan, serta kalangan masyarakat.

Said Nazaruddin mengatakan, adanya penambahan luas kebakaran lahan di Nagan Raya, disebabkan karena adanya penambahan lokasi kebakaran baru berjarak sekitar satu kilometer dari lokasi awal kebakaran.

Untuk memadamkannya, pihaknya juga mengarahkan mesin pompa air dan bersama TNI-Polri di bantu masyarakat untuk memadamkan api di lokasi kebakaran.

“Kami masih terus berupaya memadamkan api, sehingga diharapkan amukan api segera bisa dihentikan,” demikian Said Nazaruddin.