Karhutla Membara di Beberapa Titik di Aceh Selatan
Foto via BNPB

Bagikan:

ACEH - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) membara di beberapa kawasan di Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh. Kurang lebih, lahan seluas tiga hektare terbakar dalam insiden tersebut. Berdasarkan keterangan Pusat Pengendalian Operasi BNPB, kejadian pertama berlangsung pada Sabtu, 24 Juli, pukul 14.30 WIB.

Api teridentifikasi ada di Gampong Padang Harapan dan Gampong Baro, Kecamatan Trumon. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Selatan melakukan asesmen pemicu karhutla tersebut.

Karhutla Membara di Beberapa Daerah dalam Waktu Berdekatan

Dilaporkan oleh BPBD Aceh Selatan, sekitar 1,5 hektare lahan terbakar. Hingga Minggu pagi, 24 Juli, belum ada laporan mengenai perkembangan situasi titik api di lokasi karhutla.

Pemadaman dilakukan oleh BPBD Kabupaten Aceh Selatan bersama unsur gabungan terkait. Personel dari Pos Pemadam Kebakaran (Damkar) 06 Trumon dan 05 Bakongan berada di lokasi untuk menjinakkan si jago merah. Mereka menggunakan ranting kayu untuk memadamkan api yang tidak terlalu besar.

Kejadian serupa terjadi di Gampong Ujong Padang dan Baro, Kecamatan Bakongan, Aceh Selatan, pada Sabtu, 23 Juli, pukul 20.20 WIB. Lahan dengan luas sekitar 1,5 hektare juga terbakar di wilayah tersebut.

Menyikapi mulai maraknya kejadian karhutla, BPBD Kabupaten Aceh Selatan bersama TNI, Polri, damkar, dan warga berada di lokasi untuk pemadaman.

Pemda dan Warga Diimbau Waspada

Api bisa dipadamkan dan petugas BPBD melakukan asesmen penyebab terjadinya insiden tersebut. Dilihat dari tingkat kemudahan terbakar di lapisan atas permukaan tanah pada Sabtu lalu, wilayah terdampak berada pada kategori rendah.

Terpantau pada dashboard Sipongi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Minggu pagi (24/7), gambar citra satelit tidak menunjukkan identifikasi titik panas dengan tingkat kepercayaan tinggi di wilayah Provinsi Aceh.

Sementara, berdasarkan kajian inaRISK, Kabupaten Aceh Tengah memiliki 13 kecamatan dengan potensi bahaya karhutla kategori sedang hingga tinggi. Dua di antara wilayah dengan potensi tersebut yaitu Kecamatan Trumon dan Bakongan yang terdampak karhulta Sabtu kemarin.

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk tetap waspada dan siaga terhadap potensi karhulta di wilayah.

Warga dapat membantu dalam pemantauan dan pengawasan di wilayah masing-masing dan segera menginformasikan kepada BPBD apabila terjadi titik api atau asap. Pencegahan terhadap titik api sejak dini lebih baik daripada memadamkan saat api telah membesar.

Artikel ini telah tayang dengan judul Tiga Hektare Hutan dan Lahan di Aceh Selatan Habis Terbakar.

Selain karhutla di Aceh, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.