Timnas Indonesia Dibantai Vietnam, Menpora Minta Masyarakat Tidak "Membully"
Menpora, Zainudin Amali (Dok. Kemenpora)

Bagikan:

ACEH - Zainudin Amali, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), meminta masyarakat agar tidak mencemooh tim nasional sepak bola Indonesia yang kalah dari Vietnam 0-4 dalam laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Pertandingan tersebut diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Senin, 7 Juni.

Menurutnya, kekalahan tim Garuda tak seharusnya dipermasalahkan. Ia memaklumiya karena para pemain yang diturunkan dalam laga tersebut merupakan pemain-pemain muda yang minim pengalaman bertanding di level internasional.

“Apa pun hasil timnas Indonesia di Dubai, saya minta jangan dipermasalahkan! Tetap ada perkembangan dan progres yang bagus di timnas kita,” ungkap Zainudin di Jakarta, Selasa, 8 Juni, dilansir Antara.

“Jangan sampai dicemooh, di-bully karena mental mereka masih muda,” tambahnya.

Peringkat Timnas Indonesia Jauh di Bawah Vietnam

Selain itu, pemakluman Zainudin terhadap kekalahan tim asuhan Shin Tae-yong itu juga disebabkan oleh perbedaan ranking FIFA yang cukup jauh. Tim Merah Putih menempati posisi 173, sedangkan Vietnam berada di peringkat 92.

Ia menilai, masih ada harapan bagi timnas Indonesia. Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 diharapkan mampu mematangkan permainan skuad Garuda dalam menghadapi berbagai kejuaraan ke depan, termasuk SEA Games Vietnam.

Dia juga mengingatkan para pemain untuk tetap disiplin dalam latihan dan pola makan ketika kembali ke klubnya masing-masing.

“Banyak hal yang harus dibenahi, masih ada waktu. Nanti di Liga 1 dan Liga 2 pematangan mereka di kompetisi. Harapannya ketika kembali ke klub, tetap memegang apa yang sudah didapat di timnas,” tandas Zainudin. 

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Menpora Minta Suporter Tidak Bully Pemain Menyusul Hasil Laga Indonesia Vs Vietnam. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!