Sempat Viral, Iwan Bule Sebut Keberhasilan Indonesia Lolos Piala Asia Bukanlah Jasa Perorangan
Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. (Dok Situs resmi PSSI)

Bagikan:

ACEH - Menjadi salah satu runner up terbaik babak kualifikasi, timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Ini menjadi penghilang dahaga karena terakhir kali skuad Garuda tampil di putaran final Piala Asia adalah tahun 2007 atau 15 tahun lalu. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, berterima kasih kepada semua pihak yang berkontribusi, termasuk pelatih Shin Tae-yong dan para pemain.

Timnas Indonesia berhak mendapatkan tiket Piala Asia 2023 setelah menang besar atas Nepal dengan skor 7-0. Pada waktu yang bersamaan, Kuwait menyerah dari Yordania.

"Terima kasih kepada seluruh staf pelatih, pemain yang bermain luar biasa, suporter yang mendukung perjuangan pemain di Kuwait, doa semua warga negara Indonesia," kata Iwan Bule, dikutip VOI.

Pendapat Iwan Bule Soal Lolosnya Timnas Indonesia ke Piala Asia

Menurutnya, Indonesia lolos ke Piala Asia bukan karena jasa perorangan. Dia menyebut capaian tersebut sebagai buah kerja sama kolektif kolegial.

"Tetapi karena kerja bersama-sama secara kolektif kolegial," terangnya.

Sebelumnya, nama Iwan Bule sempat jadi sorotan, bahkan viral, akibat tulisan yang ada di situs resmi PSSI. Tulisan itu menyatakan, kesuksesan timnas Indonesia pecahkan rekor 42 tahun berkat Iwan Bule yang tidak lain adalah Ketua Umum PSSI saat ini.

Ketika itu, timnas Indonesia baru saja menang 2-1 atas Kuwait di laga kualifikasi Piala Asia 2023. Kemenangan itu mengulangi sukses yang dibuat tim Merah Putih 42 tahun lalu.

Sikap Menpora terhadap Perilaku PSSI

Tulisan itu membuat heboh media sosial yang isinya sebagian besar mengkritik sikap induk sepak bola nasional tersebut. Meski demikian, Menpora, Zainudin Amali, mengatakan bahwa itu merupakan hal yang biasa dan tak perlu dipersoalkan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Penantian 15 Tahun Timnas Indonesia di Piala Indonesia Berakhir, Ketum PSSI: Bukan karena Jasa Perorangan.

Selain komentar Iwan Bule terkait lolosnya Indonesia ke Piala Asia 2023, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.