Timnas Indonesia Gagal Lolos Piala AFF U-19 karena Regulasi, Shin Tae-yong Menyebutnya Tidak Masuk Akal
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: Instagram.com/@pssi)

Bagikan:

ACEH - Timnas Indonesia U-19 melumat Myanmar dengan skor 5-1 dalam laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022. Namun, kemenangan besar tersebut tak membuat Indonesia lolos ke semifinal lantaran Vietnam dan Thailand bermain imbang 1-1 pada laga lainnya. 

Kegagalan Timnas Indonesia U-19 akibat sistem head to head. Indonesia bermain 0-0 saat berhadapan dengan Vietnam dan Thailand. Hingga saat ini, Piala AFF U-19 2022 masih menerapkan aturan head to head jika ada tiga tim atau lebih yang mengantongi poin sama di babak grup.

Terkait hal tersebut, pelatih timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, menyebut ketidaklolosan Indonesia tidak masuk akal.

"Regulasi turnamen ini aneh karena AFF masih memakainya, padahal sudah tak digunakan FIFA dan AFC. Jadi, ketidaklolosan kami ke semifinal tidak masuk akal," kata Shin Tae-yong usai pertandingan, seperti dikutip VOI dari Antara, Minggu, 10 Juli.

Aturan Head to Head Piala AFF U-19 Rugikan Indonesia

Pelatih asal Korea Selatan ini menilai regulasi Piala AFF U-19 tersebut telah merugikan Indonesia. Perlu diketahui, timnas Indonesia U-19 menjadi tim yang paling subur di Grup A dan tidak pernah kalah dari lima laga. total, timnas U-19 membuat 17 gol di fase grup dan hanya kebobolan dua kali.

Mantan pelatih timnas Korea Selatan itu menyoroti hasil pertandingan Vietnam versus Thailand. Dia menilai kedua negara itu seperti tidak berniat memenangkan pertandingan.

Sebagai informasi, Indonesia pasti lolos ke semifinal jika Thailand dan Vietnam saling mengalahkan. Indonesia tetap bisa lolos jika kedua tim tersebut seri tanpa gol.

"Saya sedikit tersinggung dan tidak begitu senang (dengan pertandingan Thailand kontra Vietnam-red). Mungkin mereka takut dengan Indonesia. Mereka merasakan kekuatan sepak bola Indonesia semakin baik," tutur Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia Punya Masa Depan Cerah

Juru taktik asa Korea Selatan itu pun menyayangkan Indonesia tak mampu menyegel satu tempat di semifinal.

Meski begitu, dia optimistis performa timnas U-19 Indonesia akan terus membaik dan siap mengarungi beberapa turnamen ke depan termasuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 tahun 2023.

"Pastinya suporter dan para pewarta di sini bisa melihat sepak bola Indonesia terus membaik, secara mental maupun fisik. Sepak bola Indonesia memiliki masa depan yang cerah. Saya sebisa mungkin akan membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia U-20 2023 dan menyajikan pertandingan luar biasa di Piala Dunia U-20 2023," kata Shin Tae-yong.

Artikel ini telah tayang dengan judul Regulasi Aneh Piala AFF U-19 2022 Jadi Sasaran Tembak Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong: Kegagalan Kami Tidak Masuk Akal.

Selain Piala AFF U-19, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.