Villarreal Raih Trofi Perdana Liga Europa Setelah Menekuk MU dalam Penalti Terpanjang Sepanjang Sejarah Kejuaraan
Villarreal (Twitter/@europaleague)

Bagikan:

ACEH -  Villarreal akhirnya mendapatkan trofi kompetisi bergengsi Eropa, yaitu Liga Europa 2020/2021. Selain itu, laga ini merupakan final perdana The Yellow Submarine di Liga Europa.

Sebelumnya, Villarreal pernah menjuarai turnamen minor Piala Intertoto pada 2003 dan 2004.

Tim asuhan Unai Emery mengalahkan Manchester United (MU) yang berstatus unggulan dalam partai final. Laga yang digelar di Stadion Miejski, Gdansk, Polandia, Rabu waktu setempat (Kamis WIB), berakhir dengan skor imbang 1-1 sehingga perebutan gelar juara dilakukan melalui adu penalti.

Ini menjadi adu penalti terpanjang di final Liga Europa. Kedua tim harus melakukan eksekusi sampai algojo yang ke-11. Dan akhirnya, Villarreal sukses menekuk si Setan Merah.

Piala ke-4 Pelatih Villarreal, Unai Emery

Meski menjadi trofi perdana Villarreal, kemenangan ini merupakan kemenangan keempat Unai Emery di Liga Europa. Sebelumnya, ia mendapatkan gelar juara Liga Europa ketika merajai tiga musim beruntun bersama Sevilla pada 2014—2016. Demikian catatan Antara seturut laman UEFA.

Dengan raihan kali ini, Villarreal menjadi wakil Spanyol keempat yang pernah menjuarai Liga Europa ataupun kompetisi pendahulunya, Piala UEFA, setelah Sevilla, Atletico Madrid, dan Valencia.

Dalam 10 musim terakhir tim-tim sepak bola  Spanyol dan Inggris mendominasi gelar juara Liga Europa. Tujuh kali untuk Spanyol yang diwakili Atletico, Sevilla, dan Villarreal, serta tiga kali bagi Inggris yang diwakili MU dan Chelsea.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Dulu Cuma Piala Intertoto, Villarreal Kini Punya Trofi Bergengsi Eropa. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!