Konsorsium Todd Boehly Jadi Pemilik Baru Chelsea yang Dihargai 4,25 Miliar Poundsterling
Chelsea resmi berganti pemilik. (Foto: Instagram @chelseafc)

Bagikan:

ACEH - Pemilik baru Chelsea adalah konsorsium yang pimpinan investor Amerika, Todd Boehly, dan perusahaan ekuitas swasta, Clearlake Capital. The Blues dilepas dengan harga 4,25 miliar poundsterling atau Rp78 triliun.

Sebelum akhirnya menjadi pemilik The Blues, konsorsium ini mesti bersaing dengan 11 peminat lain yang juga ingin membeli klub yang dahulu dipegang Roman Abramovich itu. Setelah beberapa waktu, konsorsoim itu akhirnya berhasil menjadi pemenang.

"Kami merasa terhormat menjadi pemilik baru Chelsea Football Club. Kami semua 100 persen setiap menit di setiap pertandingan. Visi kami sebagai pemilik jelas: kami ingin membuat para penggemar bangga," ungkap Boehly, dikutip VOI dari BBC Sport.

Sanksi pada Abramovich Sebabkan Chelsea Dijual

Klubb London itu sudah disiapkan untuk dijual pada Maret lalu sebelum Roman Abramovich dikenai sanksi atas hubungannya dengan presiden Rusia, Vladimir Putin. Sanksi tersebut diberikan kepada Abramovich sebagai imbas invasi Rusia ke Ukraina. Sejak kejadian tersebut The Blues mesti beroperasi di bawah lisensi pemerintah khusus yang akan berakhir pada 31 Mei.

"Seiring dengan komitmen kami untuk mengembangkan skuat muda dan mendapatkan talenta terbaik, rencana kami adalah berinvestasi di klub untuk jangka panjang dan membangun sejarah kesuksesan Chelsea yang luar biasa," ujar Boehly.

"Saya pribadi ingin berterima kasih kepada para menteri dan pejabat di pemerintahan Inggris, dan Liga Premier, untuk semua pekerjaan mereka dalam mewujudkan ini," lanjutnya.

Kesuksesan Chelsea

Abramovich membeli Chelsea senilai 140 juta poundsterling (Rp2,5 triliun) pada tahun 2003. Di bawah kepemilikannya, klub sukses memenangkan beberapa trofi besar, yakni trofi Liga Champions, lima gelar Premier League, lima Piala FA, dua trofi Liga Europa, dan tiga trofi EFL Cup.

Selama kepemimpinannya, pria asal Rusia itu telah menunjuk 13 manajer. Roman Abramovich juga telah menghabiskan lebih dari 2 miliar poundsterling di pasar transfer.

Artikel ini telah tayang dengan judul Akuisisi Chelsea Senilai Rp78 Triliun Selesai, Konsorsium Pimpinan Todd Boehly Resmi Gantikan Roman Abramovich.

Selain pemilik baru Chelsea, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.