Shin Tae-yong Dapat Pesan Khusus dari Jokowi
Shin Tae-yong (Instagram @shintaeyong7777)

Bagikan:

ACEH - Timnas Indonesia gagal meraih gelar juara Piala AFF 2020, tetapi menjadi runner up. Hal ini sudah termasuk pencapaian bagi persepakbolaan Indonesia saat ini. Salah satu faktor ketangguhan timnas Indonesia di Piala AFF 2020 adalah sang pelatih, Shin Tae-yong. 

Pria dari Korea Selatan itu mampu memupuk mentalitas tim Garuda yang seluruhnya adalah pemain muda. Setelah menyelesaikan kompetisi sepak bola bergengsi se-Asia Tenggara itu, Shin Tae-yong mendapat perintah khusus dari Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Dikutip VOI dari media Korea Selatan, Yonhap, sang pelatih awalnya mengatakan bahwa Jokowi memberikan ucapan selamat atas apa yang dikerjakannya. Ucapan tersebut disampaikan melalui Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

"Kita sudah berjuang dengan sangat baik," ucap Shin Tae-yong menirukan komentar Jokowi, Selasa, 4 Desember.

Pesan Jokowi kepada Shin Tae-yong

Jokowi menitipkan pesan khusus untuk Shin Tae-yong, yaitu perintah agar setelah kompetisi Piala AFF, Shin Tae-yong lebih konsentrasi untuk mempersiapkan agenda besar lain, yaitu Piala Dunia U-20.

"(Jokowi meminta) berkonsentrasi mempersiapkan Piala Dunia U-20 2023 dari sekarang," ungkap pelatih 51 tahun itu menambahkan.

Gelaran Piala Dunia U-20 akan digelar pada tahun 2023, di mana Indonesia mendapat kesempatan sebagai tuan rumah.

Dengan momen tersebut, Shin Tae-yong harus membuat pencapaian terbaik. Sebab bukan cuma mempertahankan status baik sebagai tuan rumah, tapi juga sebagai pencapaian puncak kariernya.

Kontrak Shin Tae-yong dengan Timnas Indonesia

Kontrak Shin Tae-yong bersama timnas Indonesia memang akan berakhir setelah agenda ini. Bahkan, saat pertama kali bekerja sama, target utama Shin Tae-yong memang diproyeksi untuk tampil di Piala Dunia U-20.

Dengan latar belakang tersebut, Shin Tae-yong tetap percaya diri untuk bertahan di Indonesia meski Piala AFF 2020 rampung digelar. Pasalnya, ia pun masih terikat kontrak hingga akhir 2023.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bawa Timnas Runner Up Piala AFF 2020, Shin Tae-yong Dapat Perintah Khusus dari Jokowi.

Selain kabar Shin Tae-yong, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh