Resep Shin Tae-yong Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF 2020
Tim nasional Indonesia saat menundukkan Malaysia di Piala AFF (Foto: PSSI)

Bagikan:

ACEH – Timnas Indonesia mempermalukan Malaysia dalam laga pamungkas Grub B Piala AFF 2020, padahal kebobolan terlebih dahulu. Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkap resep keberhasilan comeback tim asuhannya.

Pelatih dari Korea Selatan itu mengungkapkan, kunci kemenangan besar mereka adalah komunikasi dan penampilan yang tenang.

Instruksi Shin Tae-yong Sebelum Timnas Indonesia Berlaga

"Memang sebelum pertandingan selalu ada pertemuan tim (untuk berdiskusi), jadi saya juga tegaskan kepada pemain walaupun kebobolan harus tetap tenang, terus menjalankan instruksi pelatih," ujar Shin Tae-yong saat konferensi pers daring usai laga yang juga diikuti tim VOI.

"Selain itu kami juga memberikan semangat kepada pemain, agar mereka bisa tampil terus percaya diri," lanjut sang pelatih.

Laga penuh gengsi itu berlangsung di Stadion Nasional, Singapura pada Minggu, 19 Desember malam WIB. Tim Garuda menang 4-1 meski awalnya Malaysia lebih dulu mencetak gol.

Momen bangkit timnas Indonesia tak lepas dari gol pembuka Irfan Jaya yang kemudian sukses membuat brace. Disusul sumbangan gol dari Pratama Arhan kemudian ditutup oleh heading mematikan Elkan Baggott.

Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF 2020

Terlepas dari rahasia sukses comeback timnas di laga penutup fase Grup B ini, Shin Tae-yong mengaku puas dengan performa Evan Dimas dkk. Ia juga berterima kasih karna tim terus menunjukan semangat juang dan bekerja keras hingga laga tuntas.

"Saya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada para pemain yang bisa raih hasil membanggakan," ujar Shin Tae-yong.

Kemenangan 4-1 atas Malaysia ini otomatis membuat timnas keluar sebagai juara Grup B dan melaju mulus ke babak semifinal Piala AFF 2020. Dalam babak lanjutan nanti, timnas akan berhadapan dengan tuan rumah, Singapura yang lebih dulu sukses amankan tiket usai menang atas 2-0 atas Thailand.

Artikel ini telah tayang dengan judul Shin Tae-yong Beberkan Rahasia Timnas Sukses Comeback Melawan Malaysia.

Selain strategi Shin Tae-yong untuk timnas Indonesia, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.