Cetak Gol Bunuh Diri, Ukraina Berikan Tiket Piala Dunia 2022 kepada Wsles
Timnas Wales lolos ke Piala Dunia 2022. (FOTO/INSTAGRAM @fawales)

Bagikan:

ACEH - Timnas Wales berhasil lolos Piala Dunia 2022 Qatar. Ini menjadi kesempatan yang pertama kali bagi Wales masuk Piala Dunia setelah 64 tahun absen.

The Dragons berhasil mendapatkan tiket Piala Dunia setelah mengalahkan timnas Ukraina pada final play off di Stadion Cardiff City pada Minggu, 5 Juni, dengan skor tipis 1-0. Gol kemenangan Wales dicetak oleh pemain Ukraina, Andriy Yarmolenko, pada menit ke-34 karena gol bunuh diri.

Ukraina Gagal Raih Tiket Akibat Gol Bunuh Diri

Dalam pertandingan tersebut Ukraina sebenarnya tampil sangat dominan. Statistik menunjukkan bahwa mereka unggul dalam hal penguasaan bola, menciptakan 22 upaya tembakan ke gawang, dan sembilan tembakan shot on target.

Sementara, Wales hanya berhasil membuat 10 usaha tembakan ke gawang dengan 3 di antaranya menemui sasaran. Sayangnya, Ukraina harus menelan pil pahit saat Yarmolenko menghalau tendangan bebas Gareth Bale. Upaya tersebut malah membelokkan bola ke mulut gawang sendiri.

Meski gol diciptakan oleh pemain lawan, Wales berhak tampil di putaran final untuk pertama kalinya sejak debut mereka pada 1958. Rentang waktu ini menjadikan mereka sebagai tim dengan jeda partisipasi terlama di ajang Piala Dunia.

Sisa Tiket Piala Dunia 2022

Wales menjadi negara ke-30 yang mengantongi tiket putaran final yang akan digelar pada November sampai Desember 2022 itu. Di Qatar nanti Bale dan kawan-kawan masuk Grup B bersama Inggris, Iran, dan Amerika Serikat.

Lolosnya Wales membuat wakil Eropa untuk ajang empat tahunan ini sudah lengkap. Adapun dua tiket tersisa akan diberikan kepada pemenang play off interkontinental yang akan direbut Uni Emirat Arab, Australia, Selandia Baru, Peru, dan Kosta Rika.

Nantinya pemenang laga UEA dan Australia pada 7 Juni besok akan berhadapan dengan Peru pada 13 Juni nanti. Sementara itu, satu tiket tersisa akan direbut oleh Selandia Baru dan Kosta Rika dalam laga yang dihelat 14 Juni.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kubur Harapan Ukraina, Timnas Wales Lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar setelah Penantian 64 Tahun.

Selain Piala Dunia 2022, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.