Kubur Harapan Ukraina, Timnas Wales Lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar setelah Penantian 64 Tahun
Timnas Wales lolos ke Piala Dunia 2022. (FOTO/INSTAGRAM @fawales)

Bagikan:

JAKARTA — Tim nasional Wales memastikan diri menembus putaran final Piala Dunia 2022 Qatar. Ini pertama kalinya mereka tampilnya di turnamen itu setelah 64 tahun absen.

Tiket putaran final Piala Dunia tahun ini didapat The Dragons setelah menang 1-0 atas ukraina pada final play off di Stadion Cardiff City pada Minggu, 5 Juni. Wales menang melalui gol bunuh diri pemain sayap Ukraina Andriy Yarmolenko di menit ke-34.

Di pertandingan ini, Ukraina sebenarnya tampil sangat dominan atas lawan mereka. Dari statistik mereka unggul penguasaan bola, membuat 22 usaha tembakan ke gawang, dan sembilan shot on target.

Adapun Wales hanya membuat 10 usaha tembakan ke gawang dan tiga menemui sasaran. Sayang, upaya Yarmolenko menghalau tendangan bebas Gareth Bale malah membelokkan bola ke mulut gawang sendiri.

Keberhasilan ini membawa Wales bisa tampil di putaran final untuk pertama kalinya sejak debut mereka pada 1958. Gap waktu ini menjadikan mereka sebagai tim dengan jeda partisipasi terlama di Piala Dunia.

Wales menjadi negara ke-30 yang mengantongi tiket putaran final yang akan digelar pada November sampai Desember 2022 itu. Di Qatar nanti Bale dan kawan-kawan masuk Grup B bersama Inggris, Iran, dan Amerika Serikat.

Lolosnya Wales membuat wakil Eropa untuk ajang empat tahunan ini sudah lengkap. Adapun dua tiket tersisa akan diberikan kepada pemenang play off interkontinental yang akan direbut Uni Emirat Arab, Australia, Selandia Baru, Peru, dan Kosta Rika.

Nantinya pemenang laga UEA dan Australia pada 7 Juni besok akan berhadapan dengan Peru pada 13 Juni nanti. Sementara itu, satu tiket tersisa akan direbut oleh Selandia Baru dan Kosta Rika dalam laga yang dihelat 14 Juni.