Berita Euro 2020: Catat! Inilah Jadwal Euro 2020 Babak 16 Besar
Negara-negara yang lolos ke babak 16 besar Euro 2020 (Antara)

Bagikan:

ACEH – Babak penyisihan grup Euro 2020 telah usai. Sebanyak 16 timnas sepak bola telah memperoleh tiket untuk maju ke babak selanjutnya.

Salah satu yang menarik dari laga semalam adalah lolosnya 3 dari 4 tim di grup neraka, yaitu Prancis, Jerman, dan Portugal. Untuk kelanjutan laga Euro 2020, berikut adalah jadwal dan tim yang berlaga di babak knockout.

Jadwal Euro 2020 Babak Knockout (16 Besar)

1.    Wales vs Denmark di Amsterdam (26 Juni, 23.00 WIB)

Wales lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup A dengan raihan empat poin. Sementara, Denmark yang sempat terpukul karena kolapsnya Christian Eriksen mampu bangkit dan lolos sebagai runner-up Grub B.

Kedua tim sudah 10 kali bertemu sepanjang sejarah. Wales empat kali menang dan sisanya menjadi milik Denmark, termasuk dua pertemuan terakhir di UEFA Nations League 2018/19.

2.    Italia vs Austria di London (27 Juni, 02.00 WIB)

Italia menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar sekaligus meraih poin sempurna dari tiga laga yang meraka lakoni. Menjadi pemuncak Grup A, Italia akan bertemu Austria.

Di sisi lain, Austria kali ini mencetak sejarah karena untuk pertama kalinya mereka lolos ke babak 16 besar Euro. Mereka akan menghadapi Italia dengan statusnya sebagai runner-up Grup C.

3.    Belanda vs Republik Ceko di Budhapest (27 Juni, 23.00 WIB)

Tak hanya menjadi juara Grup C, Belanda lolos sebagai tim paling produktif dalam babak penyisihan dengan koleksi delapan gol. Lawan mereka nanti adalah Republik Ceko.

Ceko lolos ke babak selanjutnya dengan status peringkat ketiga terbaik Grup C karena kalah 0-1 dari Inggris, padahal di laga lain Kroasia menang 3-1 atas Skotlandia sehingga berhak menduduki peringkat kedua.

4.    Belgia vs Portugal di Sevilla (28 Juni 02.00 WIB)

Belgia merupakan satu dari tiga tim yang bisa menyapu bersih kemenangan fase grup dan lolos sebagai juara Grup B setelah mematahkan hati tim debutan turnamen Finlandia di laga terakhir.

Portugal untuk dua edisi beruntun kembali lolos ke babak 16 besar berstatus salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik fase penyisihan grup setelah

5.    Kroasia vs Spanyol di Kopenhagen (28 Juni, 23.00 WIB)

Kroasia membuktikan status runner-up Piala Dunia 2018 bukanlah kebetulan dengan mengalahkan Skotlandia 3-1 di laga terakhir Grup D untuk lolos sebagai runner-up.

Spanyol yang mengawali petualangan di Grup E dengan dua hasil imbang seolah membuka keran golnya di laga terakhir untuk melumat habis Slovakia 5-0 dan lolos sebagai runner-up.

6.    Prancis vs Swiss du Bucharest (29 Juni, 02.00 WIB)

Prancis lolos sebagai juara Grup F dengan hasil yang relatif tidak superior hanya meraih lima poin, hanya tiga tahun setelah menjuarai Piala Dunia 2018.

Swiss merupakan tim pertama yang lolos melalui jalur peringkat ketiga terbaik penyisihan grup dengan raihan empat poin dan selisih gol defisit satu di Grup A.

7.    Inggris vs Jerman di London (29 Juni, 23.00 WIB)

Lolos sebagai juara Grup D, Inggris adalah tim yang produktivitas golnya paling minimalis di antara tim-tim juara grup lainnya, yakni hanya dua gol saja.

Jerman lolos sebagai runner-up Grup F setelah nyaris dikejutkan oleh Hongaria dan akhirnya bisa mengimbangi lawannya itu dengan skor 2-2 di laga pemungkas.

8.    Swedia vs Ukraina di Glasgow (30 Juni, 02.00 WIB)

Swedia lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup E setelah kemenangan dramatis 3-2 atas Polandia yang menyusul keberhasilan mereka mengimbangi tim unggulan Spanyol di laga pertama.

Ukraina adalah salah satu tim yang memanfaatkan jalur peringkat ketiga terbaik untuk lolos ke 16 besar kendati hanya meraih tiga poin dan defisit satu gol di Grup C.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Inilah Negara-negara yang Lolos ke Babak 16 besar Euro 2020, Catat Jadwal Laganya. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!