Timnas Indonesia U-19 Kembali Ditekuk Korea Selatan, Shin Tae-yong Apresiasi Semangat Anak Asuh
Timnas Indonesia U-19 kalah dari Korea Selatan. (Dok Situs resmi PSSI)

Bagikan:

ACEH - Korea Selatan kembali melumat timnas Indonesia U-19 saat laga uji coba di Daegu pada Selasa, 29 Maret. Pada laga pertama, timnas Garuda U-19 kalah dengan skor 0-7, sedangkan pada laga kedua kalah dengan skor 5-1.

Meski demikian, pelatih timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, memberikan apresiasi kepada anak asuhnya. 

Jalannya Pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs Korea Selatan

Korea Selatan membuka keunggulan pada menit kesembilan melalui sepakan Jung Jong-hun. Empat menit berselang, Kang Seong-jin menggandakan keunggulan.

Pada menit ke-16, Korea Selatan memimpin dengan skor 3-0 setelah Jung Jong-hun membuat gol keduanya. Timnas Indonesia U-19 sempat memperkecil jarak pada menit ke-43 melalui sundulan Marselino Ferdinan.

Namun, menjelang laga berakhir Korea Selatan semakin jauh. Dua gol terakhir dicetak melalui titik putih. Gol keempat dicetak oleh Choi Seong-min pada menit ke-80, penalti kedua dieksekusi Lee Seung-won.

Komentar Shin Tae-yong 

Shin Tae-yong mengatakan bahwa timnya telah menunjukkan semangat pantang menyerah meski kalah 1-5. Dia mengapresiasi semangat anak asuhnya itu.

"Saya ingin bertepuk tangan kepada semua pemain. Mereka tidak menyerah sampai akhir pertandingan," terang Shin, seperti dikutip VOI dari Antara.

Juru taktik asal Korea Selatan itu mengatakan, anak asuhnya telah menunjukkan perkembangan, terutama dari segi fisik. Namun, dari aspek taktik, masih banyak yang perlu diperbaiki dari timnas U-19. Kemampuan dasar pemain seperti mengumpan dan mempertahankan konsentrasi mesti terus ditingkatkan.

"Sebenarnya, permainan anak-anak tidak seperti yang saya inginkan. Namun, gol-gol yang masuk ke gawang kami bukan karena lawan bagus tetapi lebih karena kesalahan kami sendiri," tutur Shin.

Itu menjadi kekalahan ketiga Indonesia selama menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan. Sebelumnya, timnas U-19 takluk kepada Universitas Yeungnam (1-5) dan timnas U-19 Korea Selatan (0-7). Satu kemenangan dicatatkan saat bersua Universitas Daegu, Minggu, 27 Maret, dengan skor 2-1.

"Saya minta tolong masyarakat untuk percaya dan memberikan dukungan kepada pemain," kata Shin Tae-yong.

Artikel ini telah tayang dengan judul Timnas Indonesia U-19 Lagi-lagi Dilumat Korea Selatan, Shin Tae-yong: Saya Ingin Beri Tepuk Tangan ke Pemain.

Selain timnas Indonesia U-19, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.