Jokowi Dukung Perdamaian Rusia-Ukraina dan Siap Kirimkan Bantuan Kemanusiaan
Presiden Jokowi. (dok BPMI Setpes/Muchlis)

Bagikan:

ACEH - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung upaya rekonsiliasi konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina. Jokowi telah menyampaikan hal tersebut kepada Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky beberapa waktu lalu. Dia juga menyampaikan siap memberikan bantuan kemanusiaan.

Jokowi menyampaikan hal tersebut melalui akun Twitter resminya, @jokowi. Dia menyebut, Indonesia siap terlibat dalam pembicaraan negosiasi damai delegasi Ukraina dan Rusia.

"Kemarin saya berbicara dengan Presiden @ZelenskyyUa dari Ukraina. Saya kembali menegaskan dukungan Indonesia terhadap segala upaya agar perundingan perdamaian berhasil," ungkap Jokowi dalam akun Twitter, dikutip VOI, 28 April. 

Jokowi Janjikan Bantuan Kemanusiaan dari Indonesia

Jokowi tak hanya ingin ambil bagian dalam upaya pencarian pemecahan masalah secara damai antara Rusia dan Ukraina. Presiden RI juga menjanjikan pengiriman bantuan kemanusiaan ke wilayah terdampak perang Rusia-Ukraina.

"Siap memberikan bantuan kemanusiaan," ujar Jokowi.

Sebelumnya, komunikasi antara Indonesia dengan Ukraina disampaikan oleh Presiden Volodymyr Zelensky melalui akun Twitter resminya pada Rabu 27 April.

Ucapan Terima Kasih dari Presiden Ukraina

Zelensky berterima kasih kepada Indonesia yang memberikan dukungan kedaulatan terhadap Ukraina dalam forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Telah berbicara dengan Presiden @Jokowi. Terima kasih atas dukungan kedaulatan dan integritas teritorial, khususnya untuk posisi yang jelas di PBB. Isu ketahanan pangan dibahas," cuit Zelensky.

Selain itu, presiden yang berlatar belakang entertaiment itu juga mengucapkan terima kasih lantaran undangan Indonesia kepada Ukraina agar datang dalam forum pertemuan G20.

"Terima kasih telah mengundang saya ke KTT G20," sambung Zelensky.

Artikel ini telah tayang dengan judul Jokowi: Indonesia Siap Memberikan Bantuan Kemanusiaan ke Ukraina.

Selain bantuan kemanusiaan, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.