Erdogan Upayakan Perdamaian Rusia-Ukraina, Pembicaraan Selanjutkan Digelar di Istanbul
Presiden Vladimir Putin bersama Presiden Erdogan. (Wikimedia Commons/Kremlin.ru/Official website of President of Russian Federation)

Bagikan:

ACEH - Presiden Rusia, Vladimir Putin, bersepakat dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, untuk mengatur putaran selanjutnya terkait perdamaian Rusia-Ukraina yang akan dilakukan oleh delegasi Rusia dan Ukraina di Istanbul, Turki. Hal tersebut disampaikan oleh Kantor Kepresidenan Turki pada Minggu usai percakapan Putin dan Erdogan via telepon.

"Dalam pembicaraan itu, para presiden membahas perkembangan terakhir dalam perang Rusia-Ukraina dan proses negosiasi. Presiden Erdogan dan Presiden Putin sepakat untuk mengatur pertemuan berikutnya antara delegasi Rusia dan Ukraina di Istanbul," terang kantor kepresidenan, dikutip VOI dari TASS pada 28 Maret.

Upaya Perdamaian Rusia-Ukraina

Presiden Erdogan berkata kepada Presiden Putin, negaranya akan melanjutkan upaya mediasi demi membangun perdamaian antara Rusia dan Ukraina.

"Presiden Erdogan menekankan perlunya mencapai gencatan senjata dan perdamaian antara Rusia dan Ukraina sesegera mungkin, dan meningkatkan situasi kemanusiaan di kawasan itu. Dia menambahkan, Turki akan terus memberikan kontribusinya untuk proses ini," lanjut kantor tersebut.

Pembantu Presiden Rusia yang memimpin delegasi Rusia dalam pembicaraan tersebut, Vladimir Medinsky, menulis di saluran Telegram-nya pada Minggu, putaran reguler pembicaraan daring dengan Ukraina diadakan pada Minggu. Dia menyampaikan, kedua belah pihak sepakat untuk bertemu secara luring pada 29--30 Maret.

Di tempat lain, perunding Ukraina, David Arakhamia, mengatakan bahwa putaran pembicaraan tatap muka berikutnya akan berlangsung di Turki pada 28--30 Maret, dikutip dari Reuters.

Pembicaraan Rusia-Ukraina

Untuk diketahui, putaran pertama pembicaraan terkait perang Rusia-Ukraina diadakan di wilayah Gomel Belarusia pada 28 Februari. Pembicaraan berlangsung selama lima jam.

Pembicaraan putaran kedua diadakan pada 3 Maret di Belovezhskaya Pushcha, di Belarus. Delegasi bertemu untuk pembicaraan putaran ketiga pada 7 Maret, di wilayah Brest, juga di Belarus. Lebih banyak putaran diadakan dalam format daring.