UEFA Beri Ancaman Larangan Kompetisi bagi Klub yang Terlibat European Super League
UEFA (Antara)

Bagikan:

Badan sepak bola Eropa, UEFA, memberi ancaman berupa larangan ikut kompetisi bagi tim-tim yang diduga terlibat atau berpartisipasi dalam European Super League atau Liga Super Eropa. European Super League adalah kompetisi tingkat Eropa yang direncanakan menjadi pengganti Liga Champions.

Terkait tim atau klub sepak bola yang melanggar, UEFA akan mempertimbangkan segala tindakan, termasuk jalur hukum sampai larangan berkompetisi, baik liga domestik maupun internasional. Pernyataan tersebut dibuat bersama federasi sepak bola Inggris, Spanyol, dan Italia.

“Jika ini terjadi, kami ingin menegaskan kembali bahwa kami...(dan) FIFA dan semua asosiasi anggota kami akan tetap bersatu menyetop proyek ini, sebuah proyek yang dibentuk atas dasar kepentingan pribadi dari beberapa klub di saat kita semua memerlukan solidaritas,” terang UEFA.

Sejumlah klub dari 3 liga besar dunia terlibat European Super League

Awal tahun 2021, FIFA sudah membuat pernyataan bahwa liga yang memisahkan diri dan bergabung dengan kompetisi sepak bola baru tidak akan diakui.

Tak hanya itu, tim serta pemain yang terlibat dalam kompetisi tersebut juga tidak diizinkan berpartisipasi dalam semua kompetisi yang diselenggarakan oleh FIFA atau konfederasi sepak bola.

Selain itu, UEFA memberikan ancaman berupa larangan tampil mewakili negara masing-masing bagi pemain yang terlibat dalam European Super League.

“Kami ingin berterima kasih kepada klub-klub di negara lain, terutama Prancis dan Jerman, yang menolak kompetisi tersebut,” tulis UEFA.

“Kami mengajak para pecinta sepak bola, penggemar, dan politisi untuk bergabung bersama kami menentang proyek ini. Kepentingan pribadi beberapa orang ini telah berlangsung terlalu lama. Ini harus segera dihentikan!"

Diketahui, ada 12 klub sepak bola yang dilaporkan telah sepakat bergabung dengan European Super League. Mereka merupakan tim-tim besar dari Eropa.

Dari Inggris, ada Manchester United, Liverpool, Chelsea, Manchester City, Tottenham Hotspur, dan Arsenal. Dari Spanyol, ada Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid. Sementara, dari Italia ada Juventus, AC Milan, dan Inter Milan.

Selain berita mengenenai European Super League, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!