10 Tips Merawat Kesehatan Pankreas, Termasuk bagi Penderita Diabetes
Ilustrasi hidup sehat dengan olahraga (Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Pankreas bertugas memproduksi dan mengelola insulin. Pankreas juga memiliki tugas memproduksi enzim untuk memecah lemak, karbohidrat, dan protein dalam tubuh.

Perawatan yang tepat terhadap pankreas merupakan hal yang penting dan bisa dilakukan dengan menjalani pola hidup sehat, terutama bagi penderita diabetes.

BACA JUGA:


Cara Merawat Kesehatan Pankreas

1.    Konsumsi sayuran silangan

Dilansir Trubus, sayuran silangan adalah sayuran dari keluarga Brassicaceae dengan banyak genera, spesies, dan kultiva.

Sayuran silangan yang bisa kamu temui, antara lain brokoli, brussel sprout, kale, pok choy, lobak, kubis, dan aragula. Sayuran silangan tersebut bisa bermanfaat bagi pankreas.

2.    Bawang putih

Bawang putih bersifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk penderita diabetes tipe 2. Sementara, bagi penderita tekanan darah tinggi, bawang putih bisa menjaga tubuh tetap sehat.

3.    Terhidrasi dengan baik

Kelebihan atau kurang hidrasi pada tubuh menyebabkan peradangan pada pankreas. Sel pada pankreas membutuhkan hidrasi setiap saat.

Artinya, Anda perlu minum setidaknya 8 hingga 10 gelas setiap hari. Atau dengan mengonsumsi buah yang mengandung banyak air, seperti mentimun, semangka, stroberi, lobak, dan tomat.

4.    Kurangi minum teh dan kopi

Teh dan kopi mengandung kafein yang bisa menyebabkan keasaman dan peradangan pada pankreas. Anda bisa mengonsumsi teh herbal tetapi perlu atas rekomendasi dokter Anda.

5.    Banyak makan buah dan sayur

Sayuran dan buah segar musiman bisa membantu menyehatkan pankreas. Buah dan sayuran yang baik untuk diet akan baik juga dalam menyediakan enzim pencernaan.

6.    Mengurangi makanan cepat saji

Makanan cepat saji membuat pankreas bekerja ekstra dalam menghasilkan enzim pencernaan. Tubuh akan kekurangan enzim tersebut sehingga sulit mengolah makanan yang dikonsumsi. Nah, kekurangan enzim juga menyebabkan keasaman dan gangguan pencernaan yang lain.

7.    Hindari makan larut malam

Pankreas tidak dirancang menghasilkan enzim sepanjang hari. Saat malam hari, tubuh butuh istirahat agar bisa bekerja maksimal keesokan harinya. Artinya, hindari makan makanan berat larut malam, apalagi yang mengandung kalori dan lemak tinggi.

8.    Pengistirahatan pankreas

Istirahat dibutuhkan untuk pemulihan, termasuk waktu jeda sejenak bagi pankreas sebelum bekerja kembali memproduksi insulin. Tidur dan puasa atau berhenti sementara mengonsumsi makanan dengan durasi tertentu untuk meregenerasi enzim.

9.    Kurangi makanan berlemak

Diet makanan berlemak bisa membuat seseorang merasa lesu dan berat. Tubuh membutuhkan asupan cukup untuk menyokong metabolisme.

Oleh sebab itu, cobalah imbangi dengan lemak baik, seperti dalam alpukan, minyak zaitun, dan ghee.

10. Olahraga teratur

Olahraga memungkinkan melancarkan sirkulasi darah. Ini juga akan menyehatkan pankreas untuk menyuplai darah cukup. Selain itu, olahraga juga penting untuk kesehatan jantung dan kolesterol.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul 11 Cara Menjaga Kesehatan Pankreas untuk Penderita Diabetes. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!