Jangan Ditunda! Inilah 5 Tanda Ketika Tubuh Harus Menurunkan Berat Badan
Menimbang berat badan (unsplash)

Bagikan:

ACEH – Kesehatan tubuh bisa terganggu jika berat badan sudah berlebihan. Berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, bisa datang menyerang jika tidak segera menurunkan berat badan.

Dikutip dari Insider, berikut adalah tanda bahwa seseorang harus segera menurunkan berat badan dan berkonsultasi kepada ahlinya agar kesehatan tubuh terjaga.

Tanda seseorang mesti segera menurunkan berat badan

1.    Mendengkur terlalu keras

Seseorang yang mendengkur menandakan bahwa pernapasan orang tersebut sedang terganggu.

Tubuh yang menyimpan lemak terlalu banyak di leher menjadikan pernapasan pendek dan tersendat. Hal tersebut menyebabkan dengkuran keras dan tidur pun jadi kurang nyenyak.

2.    Nyeri Sendi

Ketika berjalan kaki atau menuruni tangga saja terasa melelahkan, bisa jadi itu adalah tanda bahwa beban tubuh sudah terlalu berat dan berdampak pada persendian.

Diet dan olahraga teratur bisa membantu menurunkan berat badan dan mengurangi rasa sakit pada sendi.

3.    Tekanan darah tinggi

Berat badan yang berlebihan dapat berpengaruh pada tingginya tekanan darah. Hal tersebut menyebabkan sistem kardiovaskular harus bekerja ekstra untuk mengatur pertukaran oksigen dalam tubuh. Menerapkan pola makan sehat dapat membantu menurunkan tekanan darah.

4.    Kolesterol tinggi

Menurunkan berat badan merupakan cara utama untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Perubahan pola makan, dengan pola makan yang sehat, bisa menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5.    Diabetes

Timbunan lemak yang berlebih dalam tubuh dapat berpengaruh pada kesehatan pankreas, organ yang berfungsi menyimpan dan melepaskan insulin. Insulin adalah hormon yang mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Jika lemak berkurang, maka pankreas dapat bekerja lebih optimal dan mampu mengontrol kadar gula darah dengan baik. Hal tersebut dapat berpengaruh pada kesembuhan penyakit diabetes.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul 5 Tanda Kapan Seseorang Harus Segera Menurunkan Berat Badan. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!