Tak Hanya Tahan Kering, Nilai Gizi Sorgum Ternyata Sangat Baik
Nilai Gizi yang Terkandung dalam Sorgum (iStockphoto)

Bagikan:

ACEH - Sorgum adalah salah satu kekayaan Indonesia, yaitu dalam keberagaman sumber pangan. Tanaman rumput-rumputan ini menjadi tanaman prioritas kedua bagi petani di Nusa Tenggara Timur (NTT) setelah jagung. Memangnya, sebaik apa nilai gizi sorgum?

Dikutip VOI dari Pertanian.go.id, sorgum merupakan tanaman multifungsi sebab semua bagian tanaman tersebut bisa dimanfaatkan sebagai bahan pangan, pakan ternak, dan bioetanol. Untuk diketahui, nira batang sorgum bisa menjadi sumber bioetanol, sedangkan ampas batang dan daun bisa digunakan untuk pakan ternak.

Nilai Gizi Sorgum dan Manfaatnya

Biji sorgum kaya akan nutrisi, seperti fosfor, niasin, thiamin, vitamin B6, zat besi, dan mangan. Kandungan protein, vitamin, dan mineral yang ada di tanaman ini bahkan digadang-gadang lebih tinggi daripada beras. Secara keseluruhan, nutrisi sorgum mirip dengan nutrisi havermut yang banyak ditemukan pada oatmeal.

TheAsianparent menjelaskan, dalam seperempat cangkir sorgum, terkandung 163 kalori, 5 gram protein, 2 gram lemak, 36 gram karbohidrat, dan 12 persen zat besi. Tanaman ini memiliki gizi yang berlimpah dengan kandungan gula yang rendah.

Tak heran jika sorgum diklaim sangat baik untuk penderita diabetes. Bagi Anda yang sedang menjalani diet, sorgum pun bisa jadi pilihan bahan pangan yang tepat. Perut terasa kenyang lebih lama sebab serat di dalamnya tergolong tinggi.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sorgum juga bisa digunakan sebagai pakan ternak, sumber energi, produksi papan, pupuk, dan obat-obatan. Pakan ternak bisa didapat dari batang dan daun sorgum. Ini menjadi santapan sehat bagi sapi, kerbau, kambing, dan domba.

Manfaat Lain dari Sorgum

Sebagai energi, batang dari beberapa jenis sorgum bisa diolah menjadi etanol. Batang tersebut diketahui menghasilkan nira yang kemudian diolah menjadi gula atau sirup. Nira kemudian difermentasi dan mengalami proses destilasi sehingga menjadi etanol 95 persen.

Sementara, untuk produksi papan, tanaman bernama Latin Sorghum Bicolor ini bisa dimanfaatkan seratnya sebagai bahan baku industri kertas dan papan partikel meja atau dinding. Lalu untuk pupuk organik, bisa menggunakan semua bagian tanaman sorgum.

Karena dapat menghasilkan reaksi alergi, pastikan untuk tidak merutinkan konsumsi sorgum sebelum Anda yakin tidak ada gejala alergi yang timbul setelah konsumsi sorgum pertama kali.

Artikel ini telah tayang dengan judul Jadi Tanaman Multi Manfaat, Ini Nilai Gizi yang Terkandung dalam Sorgum.

Selain nilai gizi sorgum, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.