Catat! Inilah Ciri-Ciri Sistem Kekebalan Tubuh Menurun
Ilustrasi tanda sistem imun tubuh menurun (Pexels)

Bagikan:

ACEH – Demi menjaga imun tubuh dalam kondisi baik, disarankan untuk tetap di rumah, penuhi asupan gizi imbang, dan aktif bergerak. Sistem imun merupakan pelindung tubuh agar kesehatan tetap terjaga, terutama ketika pandemi COVID-19 seperti saat ini. Penting juga mengetahui ciri-ciri sistem kekebalan menurun agar bisa segera melakukan tindakan yang tepat.

Bagi Anda yang belum tahu soal pengetahuan ini, berikut ini adalah rincian soal penurunan imun atau sistem kekebalan tubuh.

Ciri-Ciri Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

1. Kelelahan

Cara mengenali turunnya sistem imun yang paling sederhana adalah mengevaluasi pola tidur. Apabila cukup tidur, kemungkinan imun tubuh terpelihara. Tetapi sebaliknya, kurang tidur bisa menyebabkan daya tahan tubuh drop. Akhirnya tubuh terasa lelah sepanjang hari mesti tak padat aktivitas.

2. Mengalami masalah pencernaan

Timbulnya masalah ada pencernaan seperti konstipasi, diare, kembung, dan sebah bisa jadi karena salah makan. Tetapi juga bisa jadi tanda bahwa imun tubuh sedang butuh diperhatikan.

Maka perlu diidentifikasi dan diatasi dengan mencukupi kebutuhan asupan nutrisi harian, pertimbangkan jenis makanannya, dan disiplin waktu makan.

3. Timbul masalah pada kulit

Dilansir CNN, Rabu, 14 Juli, sistem kekebalan tubuh memengaruhi jenis mikroorganisme yang hidup di kulit dan berisiko alami penyakit.

Ketika sistem kekebalan tubuh menurun, acap ditandai muncul masalah pada kulit seperti eksim, alergi sebagai reaksi, luka lambat sembuh, infeksi bakteri, jamur, dan virus. Gejala tersebut bisa juga karena faktor lain, tetapi masih berkaitan jadi penyebab imun melemah, yaitu stres dan pola makan buruk.

4. Mengalami pilek atau selesma

Menurut dokter ahli imunlogi integratif, Heather Monday, sebagian orang akan mengalami salesma atau pilek ketika kekebalan tubuh dayanya menurun. Ini umum terjadi dan nanti akan sembuh selama satu hingga maksimal kurang dari dua minggu.

5. Kaki pegal dan bengkak

Daya tahan tubuh melemah juga menyebabkan eradangan pada lapisan sendi. Jika kaki bengkak dan terasa pegal pada bagian persendian, bisa jadi karena vaskulitis atau peradangan pada pembuluh darah yang disebabkan infeksi dan autoimun.

6. Luka lambat kering

Ketika kaki terbentur dan terluka atau membiru kemudian lambat sembuh, bisa terjadi karena sistem imunnya lemah. Regenerasi kulit jadi lambat dan pemulihn juga akan lebih lama.

7. Mudah infeksi

Sistem kekebalan tubuh berkaitan dengan sel darah putih dan kelenjar getah bening sebagai produsen antibody. Ketika keduanya tidak bekerja optimal sehingga berefek pada tubuh. Seperti mudah terkena infeksi atau tertular virus, misalnya influenza, dan batuk pilek. 

Artikel ini telah tayang dengan judul Kenali Segera 7 Tanda Imun Tubuh Sedang Menurun.

Selain ciri-ciri sistem kekebalan tubuh menurun, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!