Mengenal Masa Kedaluwarsa Kosmetik dan Skincare untuk Hindari Dampak Buruk pada Wajah
Ilustrasi (Jhong Pascua/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Alat kecantikan atau kosmetik dan skincare punya masa kedaluwarsa yang berbeda-beda. Sejumlah produk berumur cukup pendek dengan alasan higienis. Selain itu, masa kedaluwarsa kosmetik dan skincare juga bisa pendek karena formula yang digunakan mudah teroksidasi, mudah berubah tekstur, serta berubah aroma.

Mengetahui masa kedaluarsa produk adalah hal yang penting. Bagi kulit normal saja, kosmetik kedaluwarsa bisa berefek tidak baik, apalagi jika kulit Anda sensitif. Oleh sebab itu, ketahui masa kedaluarsa produk-produk kosmetik agar kecantikan Anda terpancar tanpa merugikan. Berikut info mengenai batas kedaluwarsa kosmetik yang dihimpun VOI dari Beautified.

Ragam Masa Kedaluwarsa Kosmetik dan Skincare

Pembersih wajah

Rata-rata, pembersih wajah bisa digunakan sampai satu tahun sejak kemasan dibuka. Namun, kalau aroma telah berubah menjadi asam atau tidak sedap, kemudian tekstur juga berubah, sebaiknya produk itu tidak digunakan lagi. Biasanya pembersih berbahan dasar krim lebih cepat kadaluarsa dibandingkan pembersih wajah berbahan foam ataupun oil.

Pelembab

Pelembap yang baik umumnya memiliki jangka waktu pemakaian hingga satu tahun lamanya. Itu juga tergantung dari bagaimana Anda menggunakan produk tersebut. Jika krim wajah disimpan dalam wadah yang mengharuskan Anda mengoleskan krim langsung dengan jemari. Baiknya pastikan Anda menggunakan spatula untuk mengambil krim agar isi pelembab tidak terkontaminasi jari.

Dengan begitu, waktu penggunaan serta  konsistensi dari formula pelembab tetap terjaga. Apalagi jika Anda menggunakan produk berbasis organik. Cara lain adalah bisa memilih produk dengan kemasan pump dan juga menyimpannya di tempat yang sejuk dan tak terkena sinar matahari.

Serum

Kandungannya tetap baik digunakan hingga satu tahun setelah kemasan dibuka. Namun untuk serum yang mengandung vitamin C, keampuhannya akan berkurang dengan berjalannya waktu. Tetapi rata-rata karena serum dikemas dalam kemasan pump, isinya akan terlindung lebih aman, higienis, dan tahan lama.

Sunscreen

Tabir surya umumnya punya masa pakai yang cukup panjang, yakni 2 tahun setelah kemasan dibuka. Ketahanannya tergantung dari kualitas bahan-bahan serta bagaimana Anda menyimpan produk tersebut. Jika botol sering terekspos panas matahari, formula dan konsistensi dari tabir surya lama-lama akan berubah. Hentikan penggunaan sunscreen bila aroma berubah menjadi asam atau tidak sedap.

Eyeliner

Jika menggunakan liquid eyeliner yang formulanya serupa seperti mascara, maka jangka waktu pemakaiannya hanya sampai 6 bulan. Karena kuas tersebut menempel langsung pada kulit mata. Untuk pencil eyeliner, pemakaiannya lebih awet karena tidak mudah terkontaminasi bakteri. Pencil eyeliner akan semakin awet jika Anda rajin membersihkan ujung pensil dengan kapas yang telah ditetesi alkohol.

Lipstik

Untuk Anda yang menggunakan lipstik atau lipgloss setiap harinya, wajib diketahui bahwa lipstik tersebut bisa Anda gunakan hingga 18 bulan. Walaupun lipstik banyak yang mengandung pengawet seperti parabens, essential oil atau vitamin, formulanya akan berubah setelah pemakaian dalam setahun. Jika aromanya tidak lagi sedap, sebaiknya urungkan niat untuk memakainya lagi.

Artikel ini telah tayang dengan judul Cara Kenali Batas Kadaluarsa Kosmetik agar Tidak Merusak Wajah.

Selain masa kedaluwarsa kosmetik dan skincare, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.