9 Cara Menggunakan Kandungan Kojic Acid pada Tahapan <i>Skincare</i> Harian
Ilustrasi (Miriam Alonso/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Asam kojic adalah bahan perawatan kulit populer dalam produk kecantikan Korea yang dikenal karena khasiatnya yang mencerahkan dan mengencangkan kulit. Kojic acid berasal dari berbagai jamur dan sering digunakan dalam kosmetik untuk mencerahkan flek hitam, hiperpigmentasi, dan meratakan warna kulit. Agar manfaatnya bisa Anda rasakan, begini  cara menggunakan skincare produk dengan kandungan asam kojic ke dalam rutinitas kecantikan harian Anda, disadur dari Times of India.

Uji Tempel

Sebelum menambahkan kandungan skincare baru ke wajah Anda, ada baiknya lakukan uji tempel terlebih dahulu. Aplikasikan setetes produk mengandung asam kojic di area kulit, misalnya lengan bawah dan tunggu sekitar 24 hingga 48 jam guna melihat ada tidaknya reaksi.

Pilih Produk yang Tepat

Carilah produk perawatan kulit yang mengandung asam kojic. Ini bisa termasuk pembersih, serum, krim, dan bahkan sabun. Pastikan produk tersebut berasal dari merek yang memiliki reputasi baik dan idealnya mengandung bahan bermanfaat lainnya yang melengkapi efek asam kojic.

Gunakan Tabir Surya Setiap Hari

Asam kojic dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari, jadi sangat penting untuk menggunakan tabir surya berspektrum luas dengan setidaknya SPF 30 setiap hari. Ini membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar UV dan mencegah hiperpigmentasi lebih lanjut.

Mulai Perlahan

Jika Anda baru mengenal asam kojic, mulailah dengan menggunakannya dua hari sekali atau beberapa kali seminggu agar kulit Anda terbiasa. Pantau bagaimana reaksi kulit Anda. Jika tidak ada efek buruknya, Anda bisa meningkatkan frekuensi penggunaannya secara bertahap.

Oleskan pada Kulit Bersih

Oleskan produk asam kojic pada kulit yang bersih dan kering. Hal ini memastikan bahan aktif dapat menembus secara efektif. 

Mengobati Flek Hitam

Jika Anda menggunakan asam kojic terutama  untuk hiperpigmentasi atau bintik hitam, oleskan tipis-tipis langsung ke area yang terkena setelah mencuci muka dan sebelum menggunakan moisturizer.

Hindari Area Mata

Asam kojic mungkin terlalu keras untuk area sensitif seperti mata atau sekitar mulut. Maka, berhati-hatilah dan hindari area ini.

Pantau Iritasi

Waspadai tanda-tanda iritasi seperti kemerahan, gatal, atau kulit kering berlebihan. Jika Anda mengalami hal-hal tersebut, kurangi frekuensi penggunaan atau hentikan penggunaan sama sekali.

Melembabkan

Asam kojic bisa membuat kulit kering, jadi penting untuk menggunakan pelembab yang baik untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

Hiperpigmentasi dan bintik hitam membutuhkan waktu untuk memudar, jadi bersabarlah dan konsisten dengan rutinitas Anda. Konsultasikan dengan profesional jika Anda memiliki kekhawatiran serius mengenai hiperpigmentasi atau masalah kulit, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit. Mereka dapat memberikan saran yang dipersonalisasi dan mungkin merekomendasikan produk atau perawatan tertentu.