Bahan Skincare yang Perlu Dihindari Kulit Bermimyak
Ilustrasi (Lordn/Istockphoto)

Bagikan:

ACEH - Tak semua orang bisa langsung cocok dengan sembarang skincare atau produk perawatan kulit, terlebih lagi bagi orang dengan kulit berminyak. Kulit berminyak memiliki risiko mudah infeksi dan tumbuh jerawat. Ada beberapa skincare yang perlu dihindari kulit berminyak agar perawatan kulit Anda membuahkan hasil baik, bukan sebaliknya.

Salah satu yang perlu Anda ketahui sebelum memilih skincare adalah kandungan di dalamnya. Ada beberapa kandungan zat yang sebaiknya dihindari oleh para pemilik kulit berminyak. Berikut VOI sampaikan beberapa kandungan yang sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit berminyak. 

Kandungan Skincare yang Perlu Dihindari Kulit Berminyak

Alkohol

Produk berbasis alkohol, seperti toner memang bisa membantu menghilangkan minyak berlebih pada kulit, tetapi jika digunakan secara berlebihan justru bisa mengiritasi kulit. Sebab kulit yang terlalu kering bisa mengganggu penghalang kulit dan menyebabkan peradangan.

Pewarna buatan

Semua orang menyukai semburat warna tetapi kosmetik seperti lipstik dan blush on mengandung pewarna buatan yang terbuat dari petroleum dan coal tar.

Meskipun terlihat baik pada sebagian orang, namun bagi mereka yang memiliki kulit berminyak menjadi rentan berjerawat. Sebagai gantinya, cobalah skincare yang terbuat dari warna alami dan organik.

Minyak alami

Penggunaan minyak alami tidak memberikan hasil yang baik di semua jenis kulit, sebab ada beberapa diantara natural oil yang dapat menyumbat pori-pori. Terutama minyak yang memiliki kandungan oleat yang tinggi, seperti minyak kelapa, camellia, dan kemiri. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak lebih aman bila menggunakan natural oil dengan kandungan linoleat yang tinggi, seperti rosehip oil dan primrose oil.

Silikon

Silikon banyak digunakan pada produk-produk makeup seperti bedak atau foundation. Sayangnya, produk yang mengandung silikon hanya mempercantik riasan Anda saja. Sebaliknya, silikon bisa menutup dan menyumbat pori-pori di wajah Anda.