Daftar Kandungan Skincare yang Harus Dihindari Kulit Sensitif
Ilustrasi kandungan yang harus dihindari dan tips memilih skincare untuk kulit sensitif (Freepik/Racool Studio)

Bagikan:

ACEH - Punya kulit sensitif memang tak bisa sembarangan dalam perawatannya. Sebelum membeli skincare ada hal yang harus dilakukan agar tidak berdampak buruk pada kulit, terutama wajah. Ada beberapa kandungan skincare yang harus dihindari kulit sensitif.

Kenapa hal itu perlub diperhatikan? Sederhana saja, agar kulit sensitif tidak mengalami masalah, seperti breakout, iritasi, atau bahkan infeksi. Berikut adalah kandungan skincare yang perlu dihindari oleh kulit wajah sensitif.

Daftar Kandungan Skincare yang Harus Dihindari Kulit Sensitif

1. Alkohol

Produsen skincare, biasanya memakai alkohol untuk menjaga kualitas produk tersebut. Misalnya, agar lebih awet disimpan dalam jangka waktu minimal dua tahun atau karena menetralisir campuran bahan di dalamnya. Dikutip VOI dari Byrdie, Renee Rouleau, ahli perawatan kulit, menyarankan untuk tipe kulit wajah sensitif wajib menghindari produk berbahan keras karena menyebabkan iritasi.

Produk dengan alkohol membuat kulit wajah cepat kering. Biasanya, toner atau krim yang mengandung alkohol memberika efek buruk tersebut pada kulit. Selain itu, alkohol dapat melemahkan tingkat kelembapan kulit Anda. Efek buruk jangka pendek, biasanya akan memicu iritasi, kulit gatal, dan tak nyaman.

2. Wewangian sintetis

Seperti yang telah Anda ketahui, wewangian sintetis dalam skincare tidak akan memberikan manfaat baik. Justru dapat memicu reaksi dari kulit sehingga menyebabkan peradangan dan berpotensi melemahkan lapisan dalam kulit. Penting untuk Anda ketahui, wewangian sintetis tidak benar-benar dibutuhkan dalam perawatan kulit. Jadi sebelum membeli produk skincare baru, periksa secara detail kandungan dan bahan aktif di dalamnya. Sebisa mungkin, pilih formula yang bebas pewangi.

3. Berbahan sulfat

Karena menggunakan bahasa kimiawi yang tidak mudah dipahami, Anda perlu lebih jeli dalam memilih skincare yang aman untuk tipe kulit sensitif. Bahan skincare yang mengandung sulfat, biasanya untuk memproduksi busa. Mulai dari produk pencuci muka hingga pasta gigi, mungkin mengandung ammonium lauril sulfat dan natrium lauril sulfat. Keduanya bisa memicu iritasi. Saran ahli, cobalah menghindarinya selama beberapa minggu maka Anda akan mendapatkan kulit yang lebih sehat.

4. Butiran scrub yang tidak beraturan

Bentuk butiran scrub yang tidak beraturan, mungkin tak pas dipakai tipe kulit wajah sensitif. Bahkan untuk scrub seluruh tubuh pun, Anda juga perlu selektif dalam memilihnya. Anda bisa menggunakan scrub pada kaki, siku, dan lutut tetapi cobalah memilih butiran yang lebih lembut untuk wajah Anda.

5. Mengandung avobenzone, octinoxate, dan oxybenzone

Ketiga bahan yang sulit diucapkan tersebut, bisa diakrabi namun wajib dihindari. Terutama bagi tipe kulit sensitif, karena bisa mengundang masalah. Bagi Anda yang bertipe kulit normal, mungkin tidak akan memberikan pengaruh apapun kecuali membantu memantulkan sinar UV. Biasanya, ketiga bahan ini diformulasikan dalam produk pelembap serta tabir surya.

Itulah kelima bahan yang perlu Anda hindari jika memiliki tipe kulit sensitif. Saran Rouleou, carilah bahan-bahan yang menenangkan dan kaya akan lipid yang membantu mengurangi kemerahan, meredakan peradangan, dan mengurangi gejala sensitivitas.