Tips Membuat Anak Semangat Puasa Ramadan
Ilustrasi (Hossein Azarbad/Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Tidak semua orang dewasa muslim semangat untuk menjalankan ibadah puasa Ramadan. Tak heran jika anak kecil juga ada yang demikian. Namun, sebagai orang tua yang baik, melatih anak berpuasa tetap diperlukan. Ini agar kelak ketika anak sudah diwajibkan, mereka sudah terbiasa. Ada tips membuat anak semangat puasa yang bisa dicoba oleh para orang tua.

Beberapa tips ini merupalan hal yang sederhana, tetapi kemungkinan bisa meningkatkan gairah dan semangat anak untuk menjalankan puasa Ramadan. Berikut VOI paparkan beberapa tips tersebut.

Tips Membuat Anak Semangat Puasa Ramadan

Menghias rumah bertema Ramadan

Si kecil pasti suka dengan perayaan ulang tahun, kan? Biasanya, ia akan terpesona dengan hiasan ulang tahun yang dipasang di sudut rumah, seperti balon, bunting flag, atau pita. Nah, ide ini juga bisa Anda pakai untuk menyambut bulan Ramadan.

Buat spanduk mini atau bunting flag bertuliskan “Marhaban Ramadhan”, kemudian gantung di dinding ruang makan. Boleh juga menghiasnya dengan balon dan pita, agar ia semakin bersemangat saat makan sahur dan berbuka puasa.

Rencana buka puasa istimewa

Sejak jauh hari sebelum Ramadan datang, buat rencana bersama si kecil mengenai menu buka puasa Ramadan yang istimewa. Salah satu contoh, misalnya diberikan ucapan, "Nanti enaknya buka puasa dengan apa ya, Dek? Kamu ingin apa?"

Baju koko dan mukena baru

Bukan, ini bukan baju koko atau mukena untuk Lebaran nanti, melainkan untuk beribadah selama bulan Ramadan. Ajak si kecil belanja baju koko atau mukena baru dari sekarang. Keuntungannya, toko-toko dan pusat perbelanjaan masih belum terlalu ramai oleh pembeli.