9 Tips Menikmati Puasa Ramadan Bersama Keluarga
Ilustrasi tips menikmati puasa Ramadan bersama keluarga (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pada bulan Ramadan, umat muslim berpuasa karena termasuk salah satu dari lima rukun Islam. Bulan yang dianggap paling suci, diisi dengan berpuasa dan serangkaian ibadah. Untuk menjalani ibadah dan berpuasa Ramadan bersama keluarga, ini tips yang bisa jadi pegangan supaya tetap menyenangkan.

1. Niat bulat

Menahan diri dari makan, minum, merokok, dan melakukan kebiasaan buruk dimulai dari niat. Tanpa niat bulat, menjalaninya akan terasa sulit dan membebani. Maka salah satu yang wajib dilakukan adalah berpuasa murni karena Allah SWT. Bukankah menahan tidak melakukan hal-hal yang membatalkan puasa akan terasa lebih ringan jika bertekat secara bulat? Maka selama 14 jam tak makan dan minum harus dilandasi niat.

2. Sahur

Sahur dilakukan sebelum imsak dan adzan Subuh berkumandang. Ini menandai sebelum terbit fajar. Untuk memastikan sahur, Anda dan keluarga perlu membuat rencana. Baik rencana apa hidangan yang akan disantap bersama hingga rencana pukul berapa bangun untuk sahur. Saat sahur, disarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat. Anda bisa mengkonsumsi lebih banyak buah-buahan yang banyak mengandung air untuk menghindari dehidrasi.

ramadan bersama keluarga
Ilustrasi tips menikmati puasa Ramadan bersama keluarga (Freepik)

3. Berdoa dan refleksi

Puasa Ramadan merupakan momen pembersihan spiritual bagi sebagian besar umat Islam yang menjalankannya. Ini juga dilakukan sebagai ungkapan ketakwaan. Dengan berpuasa, hubungan emosional dan mental terbentuk. Melansir Daily Sabah, Senin, 25 Maret, berpuasa Ramadan bersama keluarga hendaknya perlu menyisihkan waktu untuk bertekat bulat dan merenungkan apa-apa saja yang patut disyukuri.

4. Hindari makan berlebihan saat berbuka puasa

Saat berbuka puasa, Anda dan keluarga tentu menyiapkan hidangan. Mulai dari makanan pembuka, minuman manis, kurma, dan takjil lainnya. Tetapi penting diukur, bahwa saat berbuka hindari makan berlebihan. Misalnya, mulai buka dengan kurma dan air. Kemudian setelah ibadah salat Maghrib bisa mengkonsumsi makanan yang seimbang.

Penting dipahami, makan berlebih dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan tubuh lesu. Ini juga membuat ibadah salat Tarawih akan terganggu.

ramadan bersama keluarga
Ilustrasi tips menikmati puasa Ramadan bersama keluarga (Freepik)

5. Pilih makan makanan sehat

Setelah menahan haus dan lapar, konsumsilah makanan seimbang. Selama waktu berbuka hingga habis waktu sahur, Anda dan keluarga bisa memasukkan menu buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan batasi makanan manis serta gorengan.

6. Aktivitas fisik sedang

Untuk menjaga tingkat energi, lakukan aktivitas fisik ringan. Namun hindari olahraga berat selama jam puasa. Anda bisa berjalan-jalan bersama orang tercinta setelah atau sebelum berbuka.

Saat waktu senggang, Anda dan keluarga bisa memanfaatkan waktu untuk refleksi spiritual. Misalnya membaca Al-Qur’an serta meningkatkan amal dan kebaikan terhadap orang lain.

7. Kesabaran dan ketekunan

Penting memahami bahwa puasa tidak hanya menantang tetapi juga membawa manfaat besar menguji ketangguhan. Saat berpuasa, Anda dan keluarga juga terlatih kesabarannya. Dalam menghadapi segala tantangan, artinya memberi peluang dalam pertumbuhan spiritual, emosional, dan mental.

8. Jangan sampai kurang tidur dan istirahat

Penting untuk mendapatkan tidur cukup dan istirahat. Ini membantu Anda tetap fokus beraktivitas dan berenergi sepanjang hari. Pastinya, atur lampu tidur yang nyaman dan hindari mengakses gawai pintar terlalu lama. Kalau memungkinkan, tidur lebih awal supaya tepat waktu untuk bangun sahur.

9. Tetap terhubung dengan keluarga, komunitas, dan kerabat dekat

Berbuka bersama, berbagi makanan, dan doa bersama bisa menumbuhkan rasa persatuan. Dengan tetap terhubung dengan keluarga jauh, komunitas, atau kerabat dekat, akan menambah dukungan dan semangat dalam berpuasa. Bersama orang lain juga akan membuat puasa menjadi lebih mudah, menyenangkan, dan memberikan efek positif satu sama lain.

Sembilan tips menikmati puasa Ramadan bersama keluarga di atas, bisa dilakukan secara sederhana. Anda bisa berbuka dan makan sahur bersama anggota keluarga. Jika memungkinkan, bisa beribadah bersama ke masjid atau di rumah.