Resep Camilan untuk Buka Puasa Keluarga, Caramel Rice Pudding
Ilustrasi (Enez Selvi/Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Puasa Ramadan udah berjalan selama kurang lebih setengah bulan. Menu buka puasa kadang sudah mulai membosankan. Ada rekomendasi menu camilan untuk buka puasa yang bisa Anda coba. Bukan beli, tetapi membuatnya sendiri.

Puding merupakan menu buka yang termasuk jarang ditemui di penjual makanan, kan? Nah, jika Anda bisa membuatnya sendiri, Anda akan mendapatkan makanan yang enak, sehat, dan jarang Anda makan. Terlebih lagi, ini beda dari puding biasa, yaitu caramel rice pudding. Berikut VOI bagikan resepnya yang dikutip dari Parenting.Co.

Resep Puding sebagai Camilan untuk Buka Puasa 

Bahan caramel

1/2 cangkir gula pasir

1/2 cangkir air

Bahan puding

2 cangkir susu plain

3/4 cangkir nasi putih

1/2 oz jahe segar, kupang, potong jadi 4 bagian

1/4 cangkir gula pasir

Garam secukupnya

2 telur ukuran besar

2 butir kuning telur

1/2 sendok teh ekstrak vanila

Aneka buah kalengan (apricot, jeruk)

Manisan ceri utuh

Cara membuat puding untuk buka puasa

-Siapkan 6 ramekins ukuran 6-oz di atas loyang. Tuangkan gula dan air ke dalam panci anti lengket dengan api sedang, aduk hingga gula larut. Saat mulai mendidih, berhenti mengaduk, ganti ke api besar. Saat gula mulai berubah warna, goyangkan panci hingga gula bewarna coklat gelap. Inilah karamel, tuangkan karamel ke dalam ramekin, ratakan.

-Panaskan oven. Dengan wajan antilengket, campurkan susu, nasi, potongan jahe, gula dan garam, masak hingga mendidih. Matikan api, aduk sekitar 10 menit.

-Kocok telur dan kuning telur di dalam mangkuk. Perlahan-lahan, tuangkan adonan nasi ke dalamnya sambil terus diaduk. Masak kembali dengan api sedang, gunakan pengaduk kayu untuk mengaduk selama 2-4 menit. Angkat, keluarkan potongan jahe lalu tambahkan ekstrak vanilla, aduk.

-Tuangkan adonan ke dalam ramekins, ratakan. Tuangkan air mendidih ke dalam loyang hingga memenuhi setengah bagian ramekins. Tutup dengan aluminium foil, panggang selama 30-45 menit hingga tekstur menjadi kenyal. Keluarkan dari dalam loyang, dinginkan.

-Simpan dalam wadah tertutup dalam lemari es selama 10-12 jam. Saat akan disantap, keluarkan pudding dari dalam ramekins dengan bantuan ujung pisau tajam. Letakkan di atas piring, tambahkan buah kalengan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Sehat dan Menyegarkan, Ini Resep Caramel Pudding Cemilan untuk Buka Puasa.

Selain camilan untuk buka puasa, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh