4 Tips Memasak Tanpa Minyak Goreng untuk Kesehatan dan Penghematan
Ilustrasi (Martin Lopez/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan untuk menurunkan harga minyak goreng menjadi Rp14 ribu/liter. Namun, hal ini masih menyisakan persoalan, yaitu terjadi panic buying yang membuat penyaluran tidak merata dan belum semua penjual membelakukan harga baru ini. Tips memasak tanpa minyak goreng bisa membantu Anda agar tidak ketergantungan dengan produk tersebut.

Minyak memang sangat dibutuhkan untuk memasak berbagai bahan makanan. Namun, Anda perlu tahu bahwa metode memasak tanpa minyak juga praktis dan lebih hemat. Apa saja metode tersebut? Berikut ulasan dari tim VOI.

Beberapa Tips Memasak Tanpa Minyak Goreng

Memasak dengan wajan antilengket

Memasak dengan wajan antilengket bisa jadi jawaban termudah bagi Anda yang ingin memasak tanpa minyak goreng. Biasanya, wajan antilengket digunakan untuk menumis makanan seperti sayuran atau membuat telur orak arik. Bahan antilengket pada wajan dibuat khusus sehingga aman digunakan tanpa minyak.

Menggunakan air fryer

Tips lain memasak tanpa minyak goreng adalah dengan menggunakan air fryer. Alat penggorengan ini dibuat khusus sehingga dapat menggoreng makanan otomatis tanpa minyak, hanya dengan suhu dan durasi yang diatur.

Biasanya, air fryer digunakan untuk menggoreng kentang, ayam, ikan, dan beberapa jenis camilan seperti lumpia dan risoles. Hanya saja, Anda perlu mengoleskan sedikit minyak pada air fryer sebelum digunakan untuk memasak makanan yang dilapisi tepung maupun panir agar air fryer tidak cepat rusak.

Memanggang makanan

Anda bisa mengganti proses memasak dengan cara memanggang. Meski metode ini lebih sering digunakan untuk memasak kue, namun Anda bisa membuat ayam hingga ikan panggang lezat dengan cara ini. Selain mudah, pemanggangan juga tergolong lebih sehat.

Gunakan semprotan pengganti minyak

Jika Anda biasa menuang minyak sebelum memasak, coba gunakan alat bantu semprot. Dengan menyemprotkan minyak pada wajan, Anda bisa menghemat lebih banyak minyak goreng karena minyak dapat lebih mudah menyebar ke wajan saat disemprot dibandingkan dituang.