Tips Menjaga Kebersihan Dapur agar Tetap Nyaman dan Sehat
Dapur Bersih (Foto: Pixabay)

Bagikan:

ACEH – Salah satu bagian rumah yang sangat penting adalah dapur. Banyaknya aktivitas memasak kerap membuat dapur menjadi salah satu tempat yang mudah kotor. Tips menjaga kebersihan dapur tentu perlu Anda ketahui.

Meski mudah kotor, kebersihan dapur harus diperhatikan. Jika dapur dibiarkan kotor dan berantakan, berbagai binatang bisa menjadikannya tempat tinggal atau tempat beraktivitas, seperti kecoa, semut, dan tikus.

Binatang-binatang ini tak hanya menjadikan dapur kotor dan berantakan, tetapu juga berkemungkinan mendatangkan penyakit. Untuk itu, daripada membersihkan saat dapur sudah terlalu kotor, lebih baik kamu menjaga kebersihan dapur. Berikut tips dari VOI yang bisa kamu coba agar kebersihan dapur tetap terjaga.

Tips Menjaga Kebersihan Dapur

  1. Mulai memasak dengan bersih

Saat kita melihat dapur yang bersih, semangat memasak tentu akan naik. Karena itu, usahakan agar Anda memulai memasak dengan bersih, artinya jangan menunda cucian peralatan masak. Jangan menumpuk peralatan masak di tempat cuci piring.

Tips pertama, segera bersihkan dapur setelah memasak, agar saat memasak lagi semua sudah bersih dan siap digunakan.

  1. Atur peralatan masak

Penataan peralatan memasak dan makan pada tempatnya akan membuat dapur terlihat rapi. Gunakan ruang yang ada untuk membuat tempat penyimpanan peralatan makan dan memasak.

Untuk bahan makanan, bisa ditata di peralatan yang bisa dipakai berulang, hindari penggunaan plastik sehingga tidak terkesan jorok saat memasak.

  1. Pilih alat dapur yang mudah dibersihkan

Sebagai tempat memasak, dapur mudah terkena cipratan atau tumpahan makanan dan minuman, belum lagi minyak. Oleh karenanya, peralatan dapur atau kitchen set bukan hanya soal menarik, tapi juga dibangun dengan material yang berkualitas dan mudah dibersihkan.

Untuk kompor misalnya, teknologi terkini membuat kompor kaca semakin cantik dan terjangkau. Salah satu contohnya adalah kompor Niko Reflection Black Series. Tampil dengan material kaca tempered glass yang kuat, kompor ini juga mudah dibersihkan.

"Kompor ini sudah diujicoba tahan banting dan punya kekuatan menahan beban hingga 80 kg. Bukan cuma cantik, untuk kompor dua tungku sudah dilengkapi dengan teknologi pengaman gas. Jika ada tumpahan air secara otomatis gas akan terhenti dan mematikan api kompor," ujar Dhika Santika, Head Marketing Niko Elektronik Indonesia di Jakarta, Rabu, 8 Desember.

Artikel ini telah tayang dengan judul Tips Menata Dapur Cantik dan Bersih dengan Biaya Murah.

Selain tips menjaga kebersihan dapur, ikuti berita serta info menarik dari dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.