Tips Chef Norman Soal Menu Makanan Sehat
Ilustrasi makanan (Pexels)

Bagikan:

Aceh - Makanan sehat tidak hanya berhubungan dengan kalori dan lemak yang rendah. Menurut Chef Norman, pada dasarnya makanan sehat berarti bisa memenuhi kebutuhan gizi harian setiap individu.

“Setiap orang itu mempunyai kebutuhan gizi yang berbeda-beda dan tergantung ada penyakit apa, itu biasanya tergantung dari kondisi tertentu,” terang Norman, dikutip VOI dari ANTARA.

Kebutuhan Gizi untuk Kesehatan

Dalam memilih menu makan, upayakan untuk mengombinasikan menu yang kaya serat, protein, karbohidrat, lemak, dan lainnya. Norman mengatakan, tren makanan sehat di Indonesia telah mengadopsi konsep “isi piringku” yang menggantikan konsep 4 sehat 5 sempurna.

“Setengah porsi dari piring itu adalah serat 3/4-nya adalah kacang-kacangan dan sayur-sayuran, serta 1/3-nya adalah buah-buahan. Kemudian yang di sebelah kirinya ada karbohidrat dan sumber protein,” terang Norman.

Menurutnya, banyak orang berpersepsi keliru dengan menghindari, bahkan memusuhi, karbohidrat serta lemak. Kedua senyawa tersebut dibutuhkan tubuh untuk proses metabolisme dan pembakaran untuk energi. Ia menambahkan, yang berbahaya bagi kesehatan adalah kandungan gula di dalam sumber karbohidrat, seperti nasi.

“Kalau bisa asupan gula itu dibatasi. Kalaupun misalnya makan makanan karbohidrat, konsumsilah karbohidrat yang kompleks yang bukan karbohidrat olahan, seperti jagung, ubi, kacang-kacangan, dan sebagainya,” ujarnya.

Tips Memasak Makanan Sehat

Yang tak kalah penting, jagalah kebersihan tidak hanya pada saat mengolah makanan tetapi juga pada saat membersihkan bahan-bahan mentah dan peralatan memasak.

“Misalnya beli ayam dari pasar lalu dicuci. Yang tadinya wastafel kita bersih dan tidak ada bakteri, tapi pada saat kita mencuci ayam, wastafel itu jadi ada bakterinya. Sehabis mencuci ayam, terus kita cuci piring, kemudian itu terjadilah perpindahan bakteri,” kata Chef Norman.

Selain kebersihan, pemisahan bahan-bahan makanan sejenis, terutama di dalam lemari es, juga harus diperhatikan higienitasnya.

“Penyimpanan di dalam lemari es pun juga harus berhati-hati, karena kalau misalnya tidak berhati-hati, di dalam lemari es kita juga bisa ada sirkulasi bakteri dari ayam, daging, sayuran, dan lain-lain,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Tips Memasak Makanan Sehat untuk Keluarga dari Chef Norman.

Selain tips menu makanan sehat, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.