Tips Sehat Makan Gorengan yang Jadi Menu Buka Andalan
Tips Sehat Makan Gorengan (Anton Purnama/istockphoto)

Bagikan:

ACEH - Gorengan merupakan salah satu menu buka puasa favorit bagi penduduk Indonesia. Itu karena gorengan tak hanya enak, tetapi juga ramah di kantong. Namun, gorengan kerap dihubungan dengan gaya hidup yang tidak sehat, terutama kolesterol. Anda tak perlu takut, ada tips sehat makan gorengan untuk Anda terapkan.

Salah satu sebab utama adanya korelasi gorengan dan masalah kesehatan adalah cara pengolahan. Jadi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah gorengan jadi sumber penyakit. Berikut VOI sampaikan tisp sehat makan gorengan. 

Tips Sehat Makan Gorengan

Membuat gorengan sendiri

Cara sehat makan gorengan selanjutnya yaitu dengan membuatnya sendiri di rumah. Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui serta mengontrol kualitas bahan dan minyak yang digunakan.

Selain itu, Anda mengendalikan proses pembuatannya. Anda bisa menunggu suhu minyak benar-benar panas sebelum adonan dimasukkan. Dengan demikian, gorengan tidak akan menyerap minyak terlalu banyak.

Minyak baru

Agar kualitas gorengan Anda lebih sehat, gunakan minyak baru untuk menggoreng. Minyak yang digunakan juga minyak yang hanya boleh dipakai untuk dua kali proses penggorengan. Minyak yang berwarna gelap bahkan hitam menandakan minyak tersebut berubah menjadi karsinogenik yang menumpuk kolesterol jahat.

Jika ini digunakan untuk menggoreng terus menerus, masalah kesehatan seperti kolesterol hingga kanker siap menghampiri. Anda juga bisa menggunakan minyak sehat seperti olive oil, canola oil, dan sesame oil untuk pilihan lebih sehat.

Masukkan banyak sayur 

Tips lain makan gorengan dengan sehat adalah menambahkan pori sayuran yang lebih banyak. Ini bisa jadi alternatif cara agar Anda bisa konsumsi banyak sayuran dengan tekstur renyah. Selain itu, dengan banyak memasukkan sayuran, penambahan adonan tepung pun jadi lebih berkurang.

Tiris gorengan dengan tisu

Saat gorengan sudah matang, beri jeda beberapa menit sebelum dikonsumsi. Tiriskan terlebih dahulu agar kandungan minyak pada gorengan berkurang. Gunakan tisu pengesat untuk menyerap minyak. Dengan begini, minyak goreng yang Anda konsumsi jadi lebih sedikit.

Batasi konsumsi

Semua tips di atas akan berjalan baik jika Anda mengonsumsi gorengan dalam batasan wajar. Ingat, sesuatu yang berlebihan tak pernah baik hasilnya. Melansir Health Grid, Senin, 4 April, dalam sepotong gorengan mengandung minimal satu sendok teh minyak. Padahal, batas maksimal konsumsi minyak dalam sehari adalah enam sendok teh. Berati, ada baiknya Anda membatasi asupan gorengan kurang dari enam potong dalam sehari untuk lebih sehat.