5 Manfaat Minyak Goreng Bekas yang Jarang Diketahui
Ilustrasi minyak goreng bekas (Unsplash/Edgar Castrejon)

Bagikan:

ACEH - Dari segi kesehatan, minyak goreng bekas tidak baik digunakan lagi untuk menggoreng. Namun, ada manfaat minyak goreng bekas meski bukan sebagai bahan memasak. Mungkin sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk menyimpan dan memanfaatkan minyak goreng bekas, terlebih lagi saat harganya mahal dan keberadaannya terbilang langka.

Selain itu, minyak goreng bekas juga tidak disarankan untuk dibuang sembarangan. Minyak goreng bekas atau minyak jelantah bisa mencemari ekosistem, misalnya saat dibuang di saluran pembuangan. 

Dikutip VOI dari Waste4Change, minyak goreng bekas tidak hanya ada di industri pengolahan makanan dan restoran, tetapi juga di rumah tangga. Minyak jelantah berupa minyak nabati seperti minyak sawit, minyak canola, jagung, zaitun, dan minyak jelapa. 

Manfaat Minyak Goreng Bekas untuk Fungsi Lain

Pembuatan sabun

Sabun dari minyak goreng bekas disebut sabun lye. Sabun ini bisa digunakan untuk mencuci piring atau perkakas dapur yang lain. Sabun ini bahkan bisa digunakan sebagai sabun mandi, tetapi harus diolah secara tepat terlebih dahulu.  

Untuk menjadikannya sabun, minyak goreng bekas 250 gram perlu dijernihkan dahulu. Kemudian, campurkan dengan 40 gram soda api. Setelah itu, biarkan hingga suhu normal. Lalu, masukkan pewarna makanan dan cetak menjadi beberapa bagian. Setelah mengeras, Anda bisa memanfaatkannya untuk mencuci berbagai perkakas rumah tangga.

Minyak lampu

Dalam bentuk apa pun minyak goreng bekas bisa dimanfaatkan sebagai minyak lampu meski belum dijernihkan. Anda cukup membuat prinsip kapilaritas dari benang kasur atau sumbu kompor dipotong pendek. Beri pelampung berbahan aluminium tipis. Kemudian, Anda bisa menggunakannya untuk menerangi malammu yang romantis tanpa listrik.

Biodiesel

Minyak goreng bekas bisa jadi bahan utama pembuatan biofuel, atau dikenal juga dengan biodiesel. Ini juga menjadi alternatif bahan bakar terbarukan. 

Pakan ternak

Produsen pakan ternak, memanfaatkan minyak jelantah sebagai bahan. Namun prosesnya rumit dibanding membuat sabun yang bisa dilakukan di rumah. Bahkan tidak disarankan untuk membuatnya sendiri di rumah. 

Nah, solusi supaya tidak dibuang di wastafel tetapi tetap bisa dimanfaatkan, simpan di tempat tertutup rapat. Hindarkan dari barang elektronik atau sumber panas. Hindarkan juga didatangi serangga ataupun semut. 

Pelumas peralatan rumah tangga

Engsel pintu pagar yang macet, bisa dilumasi dengan minyak goreng bekas. Peralatan rumah tangga lain yang tempatnya di luar ruangan, bisa juga memanfaatkan minyak jelantah sebagai pelumasnya. Selain itu, minyak bekas pakai bisa juga membantu menghilangkan cat yang menempel. 

Itulah manfaat minyak goreng bekas. Disarankan untuk mengelolanya secara tepat, pertama agar tidak merusak keseimbangan ekosistem dan lingkungan. Kedua, memaksimalkan barang bekas sehingga menghemat dan mengurangi sampah rumah tangga yang tak terolah dengan baik.