Ketegasan Iran dalam Kesepakatan Nuklir Dunia
Ayatollah Ali Khamenei memberikan suara dalam pemilihan umum (Wikimedia Commons)

Bagikan:

ACEH - Ayatollah Ali Khamenei, pemimpin tertinggi Iran, mengungkapkan bahwa dirinya ingin melihat tindakan, bukan janji, terkait penghidupan kembali Kesepakatan Nuklir 2015 yang dilakukan oleh Iran dengan enam kekuatan dunia.

"Saya telah mengatakan kepada negosiator kami bahwa tindakan, bukan janji, diperlukan untuk pemulihan kesepakatan nuklir," ungkap Khamenei dalam pidato yang disiarkan televisi untuk menandai peringatan kematian ke-32 pendahulunya, Ayatollah Ruhollah Khomeini, dilansir The National News, Jumat, 4 Juni.

Perjanjian Nuklir Dunia dan Amerika Serikat

Iran bersama kekuatan dunia telah melakukan pembicaraan sejak awal April, untuk membawa Amerika Serikat (AS) kembali ke dalam pakta dan mengembalikan Teheran untuk sepenuhnya mematuhi kesepakatan tersebut.

Khamenei juga menyinggung persoalan pemilihan Presiden Iran yang akan diselenggarakan bulan ini, yang menghadapi seruan untuk boikot, setelah hanya kandidat konservatif dan garis keras yang diizinkan mencalonkan diri.

Ia mendesak orang-orang untuk ikut berpartisipasi dalam pemungutan suara 18 Juni, dengan mengatakan kegagalan untuk melakukannya akan menjadi 'dosa', menurut kantor berita Tasnim Iran.

Pembatasan pencalonan hanya pada tujuh kandidat, diperkirakan akan meningkatkan prospek Ebrahim Raisi, kepala peradilan Iran yang dekat dengan Khamenei, tetapi menambah ketidakpuasan publik atas ekonomi yang terkena sanksi AS dan virus corona terbesar di Timur Tengah.

Presiden Hassan Rouhani, yang telah menjalani dua masa jabatan berturut-turut yang diizinkan di bawah konstitusi, dan sekutu moderatnya menyalahkan sebagian besar kesengsaraan ekonomi Iran pada sanksi AS dan telah memberikan prioritas utama untuk menghidupkan kembali Kesepakatan Nuklir 2015. 

Sekutu konservatif dan garis keras Khamenei menempatkan tanggung jawab tepat pada pemerintah, dan bersikeras bahwa Washington tidak dapat dipercaya untuk memenuhi kesepakatan apa pun.

Jauh ke belakang, Donald Trump, mantan presiden AS, menarik diri dari kesepakatan nuklir, yang secara resmi dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Gabungan, pada 2018 dan menerapkan kembali sanksi yang dicabut berdasarkan perjanjian tersebut.

Sebagai tanggapan, Teheran membangun persediaan uranium yang diperkaya di luar batas yang ditetapkan oleh pakta, memperkayanya ke tingkat kemurnian yang lebih tinggi dan memasang sentrifugal canggih untuk mempercepat produksi.

Iran juga menekan anggota Uni Eropa, seperti Inggris, Prancis, dan Jerman, penandatangan pakta yang tersisa bersama Rusia dan China, untuk mengambil langkah-langkah melawan sanksi AS.

Sementara, Washington memasuki pembicaraan tidak langsung dengan Teheran untuk menghidupkan kembali kesepakatan itu setelah Presiden AS Joe Biden menjabat pada Januari.

Utusan Uni Eropa yang mengoordinasikan pembicaraan mengatakan pada Hari Rabu, dia yakin kesepakatan akan dicapai pada putaran keenam di Wina pekan depan, tetapi Departemen Luar Negeri AS memperkirakan diskusi lebih lanjut akan diperlukan.

"Saya pikir hampir setiap harapan bahwa akan ada putaran berikutnya di luar itu," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price kepada wartawan.

Adapun negosiator utama Iran dalam pembicaraan itu, Wakil Menteri Luar Negeri Abbas Araqchi mengatakan, sejumlah masalah utama masih harus diselesaikan.

"Secara keseluruhan, kami membuat kemajuan yang baik, tetapi ada masalah yang tersisa, yang tanpanya kesepakatan tidak dapat dicapai, dan yang belum diputuskan," kantor berita semi-resmi Iran Fars mengutip Araqchi mengatakan setelah pertemuan kelima yang berakhir pada Hari Kamis.

"Bukan kami, tetapi penandatangan JCPOA dan Amerika Serikat yang harus mengambil keputusan sulit mereka sendiri dan menyesuaikan diri dengan posisi Republik Islam," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Soal Perjanjian Nuklir, Ayatollah Ali Khamenei: Kami Perlu Tindakan, Bukan Janji! Waktunya Merevolusi Pemberitaan!