Mencegah Cacat Monyet dengan Prokes COVID-19
Protokol Kesehatan (Foto: Pixabay)

Bagikan:

ACEH - Penerapan protokol kesehatan (prokes) COVID-19 secara disiplin bisa mencegah cacar monyet. Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), mengimbau masyarakat agar kebiasaan baik yang telah tertanam tetap dilakukan.

"Untuk mencegah penyebaran cacar monyet itu kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker dan cuci tangan," jelas Kepala Dinas Kesehatan Lombok Tengah, Suardi, dikutip VOI dari ANTARA pada Jumat, 5 Agustus.

Cara Mencegah Cacar Monyet

Hal lain yang harus dilakukan oleh masyarakat untuk menghindari penyakit cacar monyet adalah menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Pola hidup tersebut antara lain berupa menjaga lingkungan dan kesehatan sehingga berdampak pada kesehatan orang lain dan lingkungan di sekitarnya.

"Pola hidup bersih juga bisa mencegah kita terkena penyakit," jelasnya.

Seperti diketahui, organisasi kesehatan dunia, WHO, telah menetapkan status darurat kesehatan masyarakat global terkait penyakit cacar monyet atau monkeypox.

Terkait hal tersebut, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan surat edaran agar masyarakat waspada terhadap cacar monyet di negara non-endemik. Nantinya, ada jalur pembatasan untuk melakukan pengawasan ketat sejak dini.

Kemenkes telah menyiapkan 1.500 reagen/cairan pendeteksi cacar monyet yang akan dikirim secara bertahap ke seluruh laboratorium kesehatan di Indonesia.

Anak-Anak Rentan terhadap Cacar Monyet

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menjelaskan, anak-anak lebih rentan terpapar virus cacar monyet. Oleh sebab itu, orang tua perlu ekstra hati-hati dalam melindungi buah hati dari penyakit menular ini, yaitu dengan menyiapkan lingkungan yang aman.

"Dari sisi anak, terutama bayi bisa terkena lebih rentan oleh monkeypox ini," ujar Ketua Umum IDAI, Piprim Basarah Yanuarso, dikutip dari ANTARA, Kamis, 4 Agustus.

Ia mengingatkan, hingga saat ini belum ada vaksin yang spesifik untuk mencegah cacar monyet. Oleh karena itu, para orang tua juga harus mengajarkan anak menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk mencegah segala macam penyakit menular.

"Secara umum PHBS adalah sesuatu hal yang mesti kita lakukan bersama-sama untuk mencegah penyakit ini," tuturnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Protokol Kesehatan COVID-19 Ternyata Ampuh untuk Mencegah Penularan Cacar Monyet.

Selain mencegah cacar monyet, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.