Israel Punya Peluang Main di Piala Dunia U-20 di Indonesia, Menpora RI Beri Sikap Tegas
Menpora Zainudin Amali (Foto: Dok. Kemenpora)

Bagikan:

ACEH - Timnas sepak bola Israel berpeluang tambil di Piala Dunia U-20 di Indonesia tahun 2023. Terkait hal tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menerangkan bahwa negara mana pun yang lolos dipersilakan tampil di Tanah Air.

Seperti diketahui, Indonesia menjadi tuang rumah Piala Dunia U-20 2023. Kemungkinan timnas Israel berlaga di Indonesia cukup jadi sorotan terkait konflik antara Israel dan Palestina yang belum berakhir hingga saat ini. 

BACA JUGA:


Piala Dunia U-20 di Indonesia Tak Persoalkan Politik

Meski demikian, Menpora menegaskan, jika dilihat dari latar belakang maka aspek olahraga tak bisa dicampuri dengan kepentingan politik. Oleh sebab itu, Amali mempersilakan Israel tambil di Indonesia jika memang lolos.

“Sudah kita bahas dari 2019 semua negara yang lolos jadi peserta FIFA World Cup U-20 2023 akan dipersilakan main," terang Amali, dikutip VOI.

"Jadikan olahraga itu tidak ada urusan dengan politik, karena itu FIFA sudah menyampaikan pada kita siapa pun negara yang lolos itu harus bisa main di sini. Jadi tidak ada masalah," lanjut Amali.

Menpora juga menerangkan, hal-hal terkait calon peserta Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia telah dibahas sejak 2019. Saat itu, Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, tetapi terpaksa diundur karena pandemi COVID-19.

Keamanan Perlu Disiapkan

Lebih lanjut, Amali juga menjawab pertanyaan soal keamanan seandainya Israel berkesempatan tampil di Piala Dunia U-20 2023 yang digelar di Indonesia. Menurutnya, hal ini juga akan menjadi perhatian penting dan akan menyerahkannya pada pihak keamanan guna adanya pembahasan khusus.

"Pasti pihak keamanan kita akan bisa memberikan rasa aman. Ini hal yang perlu diperhatikan," kata Amali menjelaskan.

Saat ini, Israel menyandang status sebagai runner up Grup B Piala Eropa U-20 2022. Israel mengumpulkan poin empat dari dua pertandingan dan masih akan menjalani pertandingan penentuan melawan Inggris.

Seandainya Israel tergeser dari posisi runner up Grup B setelah laga itu, mereka masih punya kesempatan tampil di Piala Dunia U-20 2023 lewat jalur play off. Dan untuk mendapat tiket itu, mereka lebih dulu melawan antara peringkat ketiga Grup A dan Grup B.

Artikel ini telah tayang dengan judul Israel Berpeluang Tampil di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, Menpora: Tidak Ada Urusan dengan Politik, Semua Bisa Main di Sini.

Selain Israel di Piala Dunia U-20 di Indonesia, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.

Terkait