Anggota DPR Sebut Nasi Uduk "Aceh" 77 Berlauk Babi Dinilai Membunuh Karakter Serambi Mekah
Suasana di rumah makan nasi Uduk Aceh daging babi di kawasan Jakarta Utara/ Foto: IST

Bagikan:

ACEH - Nasi Uduk "Aceh" 77 berlauk babi di Pejaringan, Jakarta Utara, disebut sebagai pembunuhan karakter. Hal tersebut disampaikan oleh anggota DPR RI, Nasir Djamil. 

"Kesannya, istilah membunuh karakter daerah itu (Aceh). Harus dipahami begitu. Jadi enggak usah mencantumkan nama daerah kalau ingin menjual," terang Nasir kepada VOI, Kamis, 16 Juni.

Nasi Uduk "Aceh" 77 Berlauk Babi Membunuh Karakter Aceh

Dia menjelaskan, tindakan tersebut mendiskreditkan Provinsi Aceh. Menurutnya, hal itu tidak patut untuk dilakukan.

"Jadi menurut saya mencantum nama daerah di mana daerah itu dikenal sebagai Serambi Mekah, menurut saya tidak patut seperti itu," kata Nasir.

Nasir menerangkan, dirinya tidak mempermasalahkan tempat usaha kuliner yang menjual daging babi. Yang dia garis bawahi adalah soal ketepatan dan kebijaksanaan terkait kondisi di sekitarnya. 

"Jadi memang agak dilema, maksud saya begini karena daging babi bisa dibuat apa saja. Misalnya dibuat rendang atau ditumis atau dimacam-macaminlah. Tapi tentu memperhatikan situasi dan di mana dia berada. Kalau banyak muslim dia harus menghormati. Sehingga tidak menyajikan makanan yang tidak halal seperti babi, bagi orang Islam," sambungnya.

Pengawasan terhadap Warung dan Hotel

Oleh sebab itu, dia meminta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan dinas terkait melakukan pengawasan terhadap warung dan hotel agar tidak terjadi kejadian serupa.

"Jadi ada badan pengawas makanan dan obatan bekerja sama dengan dinas terkait. Kalau ditemukan unsur pidana tentu proses hukum. Tapi memang diupayakan Pembinaan dulu terhadap orang tersebut," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Kapolsek Pejaringan Kompol Ratna Quratul Aini membenarkan adanya rumah makan nasi uduk Aceh dengan lauk daging babi. Setelah pihaknya melakukan pengecekan ke lokasi penjualan, Kompol Ratna melakukan mediasi. Hasilnya, pemilik usaha sepakat untuk menghapus nama daerah Aceh tersebut.

Artikel ini telah tayang dengan judul Nasir Djamil Bilang Tidak Perlu Bawa-bawa Aceh Kalau Ingin Jual Nasi Uduk Babi, Pembunuhan Karakter.

Selain Nasi Uduk "Aceh" 77 berlauk babi, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.