Keluarga Pemilik Usaha Nasi Uduk Aceh Berlauk Babi Berasal dari Aceh
Rumah makan Nasi Uduk Aceh lauk daging babi di Penjaringan Jakarta Utara/ Foto: IST

Bagikan:

ACEH - Beberapa waktu lalu Kapolsek Pejaringan, Kompol Ratna Quratul Aini, membenarkan adanya rumah makan Nasi Uduk Aceh lauk daging babi. Usai mengecek di lokasi, Ratna melakukan mediasi. Pemilik usaha tersebut kemudian sepakat menghapus nama daerah yang dicantumkan Aceh.

"Kemarin sudah mediasi dengan anggota memberikan imbauan untuk menghilangkan nama Aceh-nya. Dan yang bersangkutan bersedia," jelas Ratna kepada VOI, Rabu, 15 Juni.

Suami Pemilik Usaha Nasi Uduk Aceh Berlauk Babi Berasal dari Aceh

Menurut penjelasan Ratna, pemilik usaha rumah makan itu menggunakan nama Aceh karena suaminya berasal dari provinsi yang kental dengan serba-serbi keislaman itu. 

"Dia menggunakan nama Aceh karena suaminya orang Aceh. Dia (pemilik usaha) orang non-muslim," terang Ratna.

Selain itu, lanjut Ratna, pemilik usaha telah menjelaskan bahwa di reklame terdapat tulisan atau label non-halal, baik di pintu masuk maupun daftar menu.

"Yang bersangkutan sudah memberikan label di pintu masuk dan daftar menu. Adalah menu non-halal," tandasnya.

Nasi Uduk Aceh Berlauk Babi

Diberitakan sebelumnya, warga Jakarta Utara heboh dengan adanya sebuah rumah makan Nasi Uduk Aceh berlauk daging babi.

Berdasarkan pantauan VOI pada Selasa, 14 Juni, akun Instagram @Rajifirdana mengunggah menu kuliner berbahan dasar daging babi yang diberi nama Nasi Uduk Aceh.

Akun Raji menilai, dengan menyebutkan nama makanan berasal dari Aceh terlalu sensitif lantaran Aceh dikenal sebagai kota Serambi Mekkah, yang kental dengan agama Islam.

"Sebagai pegiat usaha Kuliner Aceh saya penamaan nama "Aceh" dalam brand makanan non-halal sangat kurang arif. Mengingat Aceh identik dengan ke-Islaman dan Kehalalannya," tulisnya.

"(Selain itu) Aceh juga memiliki kekhususan yang diikat dalam undang-undang otonomi khusus keistimewaan Aceh sebagai provinsi Syariat," tambahnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Penjual Nasi Uduk Aceh Lauk Daging Babi Ternyata Nonmuslim, Tapi Asli dari Serambi Mekah.

Selain penjual Nasi Uduk Aceh lauk babi, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.