BKKBN Fokus Selesaikan Kasus Stunting di Nagan Raya
Koordinator Program BKKBN Wilayah Aceh Barat dan Nagan Raya Imran/Foto: Antara

Bagikan:

ACEH - Pencegahan dan penanganan kasus stunting di Nagan Raya, Aceh menjadi fokus dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tahun ini. Di Kabupaten tersebut, terdapat sekitar 30 desa yang mendapat perhatian. 

“Ada sekitar 30 desa di Kabupaten Nagan Raya yang menjadi lokasi fokus penanganan stunting pada tahun ini,” papar Koordinator Program BKKBN Wilayah Aceh Barat dan Nagan Raya, Imran, Selasa, 17 Mei, dikutip VOI.

Rincian Fokus Penanganan Kasus Stunting di Nagan Raya

Dia kemudian merinci 30 desa di Kabupaten Nagan Raya yang menjadi fokus pencegahan dan penanganan stunting. Desa-desa tersebut berada di Kecamatan Seunagan, meliputi Desa Krueng Mangkom, Rambong Rayeuk, Blang Puuk Nigan, Kuta Rambong, Kuta Kumbang, Nigan, serta Krueng Ceh.

Di Kecamatan Tadu Raya meliputi Pasie Luah, Gunong Geuleugo, Gunong Kupok, Gunong Sapek, Simpang Jaya, dan Cot Mue, di Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang meliputi Desa Babah Suak, Blang Puuk, Kuta Teungoh, Blang Meurandeh, di Kecamatan Kuala Pesisir terdiri atas Desa Lueng Teuku Ben, Purwodadi, Cot Rambong, Kubang Gajah, Kuala Tuha, Padang Panyang, serta Arongan.

Kecamatan Suka Makmue meliputi Desa Meureubo, Gampong Teungoh, dan Blang Sapek, sedangkan di Kecamatan Seunagan Timur ada di Desa Blang Preh. Di Kecamatan Darul Makmur meliputi Desa Gunong Cut dan Kuta Trieng.

Pencegahan dan Penanganan Stunting

Penanganan yang dilakukan pihaknya tersebut di antaranya sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya stunting bagi kalangan anak, termasuk pemberian asupan gizi guna meningkatkan pertumbuhan anak sejak dari bayi.

Selain itu, pihaknya melakukan sosialisasi kepada pasangan calon pengantin tentang pentingnya penerapan pola hidup bersih dan sehat, serta memberikan pendidikan kepada masyarakat agar mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, termasuk memberikan asupan gizi yang baik dan sehat terhadap bayi hingga balita.

“Sebetulnya stunting ini bisa dicegah pada anak usia di bawah dua tahun, asalkan sejak dari lahir dan balita diberikan asupan gizi yang cukup untuk pertumbuhan tumbuh kembang anak sejak dini,” kata Imran dikutip Antara.

Artikel ini telah tayang dengan judul BKKBN Fokuskan Penanganan Kasus Stunting di 30 Desa di Nagan Raya Aceh.

Selain kasus stunting di Nagan Raya, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.