Tak Hanya Jokowi, Jaringan Teroris NII Berencana Gulingkan Siapa pun Presiden Indonesia
Kabag Operasi Densus 88 Antiteror Kombes Aswin Siregar/DOK VOI-Rizky Adytia

Bagikan:

ACEH - Beberapa waktu sebelumnya jaringan teroris Negara Islam Indonesia (NII) disebut berencana melengserkan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Namun berdasarkan pemeriksaan, jaringan teroris NII akan menggulingkan siapa saja yang duduk di kursi presiden Indonesia. 

"Jadi bukan masalah Pak Jokowi atau yang sekarang. Bagi mereka ingin melengserkan siapapun pemerintahannya kan," terang Kabag Operasi Densus 88 Antiteror, Kombes Aswin Siregar, Jumat, 22 April, dikutip VOI.

Jaringan Teroris NII Ingin Indonesia Berpaham Daulah Islam

NII memiliki gagasan seperti itu dengan alasan ingin membentuk Indonesia dengan paham Daulah Islam. Terungkapnya rencana NII berdasarkan dokumen yang disita saat penangkapan 16 tersangka teroris NII di Sumatera Barat. Dalam dokumen tersebut, tertulis bahwa teroris NII hendak membuat kerusuhan seperti tahun 1998.

"Notulensi atau catatan pertemuan mereka itu. Salah satunya yang mereka sampaikan adalah mereka akan buat kekacauan atau chaos. Yang dia sampaikan ya jika terjadi seperti '98," kata Aswin.

Sebelumnya, jaringan teroris NII di Sumatera Barat disebut memiliki rencana melengserkan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Rencana itu harus dilakukan sebelum diselenggarakannya pemilihan umum (pemilu) 2024.

"Sejumlah rencana yang tengah dipersiapkan oleh jaringan NII Sumatra Barat yakni upaya melengserkan pemerintah yang berdaulat sebelum tahun pemilu 2024," kata Aswin.

Potensi Serangan Fisik Teroris NII

Dari beberapa rencana yang dimiliki jaringan NII ini, ada juga potensi melakukan aksi penyerangan. Sebab, ditemukan perintah untuk mempersiapkan senjata.

Densus 88 Antiteror meringkus 16 tersangka teroris jaringan Negara Islam Indonesia (NII) di Sumatera Barat. Mereka aktif merekrut anggota baru dengan cara melibatkan anak di bawah umur.

Selain itu, mereka juga aktif melakukan kegiatan i’dad atau latihan ala militer secara rutin. Mereka pun disebut terhubung dengan beberapa kelompok teroris di Jakarta, Jawa Barat, dan Bali.

Artikel ini telah tayang dengan judul Jaringan Teroris NII Tak Hanya Berencana Lengserkan Jokowi Tapi Siapa pun Presidennya.

Selain jaringan teroris NII, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.