Pedagang Kuliner di Aceh Barat Tak Boleh Berjualan pada Jam Tertentu
Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah Kabupaten Aceh Barat, Azim (Foto Via ANTARA)

Bagikan:

ACEH - Pemkab Aceh Barat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) melarang para pedagang kuliner di Aceh Barat berjualan sejak pukul 05.00 WIB hingga 15.30 WIB. Larangan tersebut berlaku selama bulan suci Ramadan tahun ini. 

“Larangan berjualan makanan dan minuman sejak subuh hingga sore hari ini, merupakan bagian penerapan syariat Islam yang sudah lama berlaku di Aceh,” terang Kepala Dinas Satpol PP dan Wilayatul Hisbah Kabupaten Aceh Barat, Azim, di Meulaboh, Minggu, 3 April, dikutip VOI dari Antara. 

Aturan Larangan Pedagang Kuliner di Aceh Barat

Dia menjelaskan, pedagang yang kedapatan melanggar ketentuan bisa dikenai aturan pelanggaran syariat Islam yang berlaku di Aceh, termasuk kemungkinan menerima hukuman cambuk di muka umum. Selain itu, terang Azim, dalam seruan bersama yang telah diterbitkan oleh pemd bersama Forkompimda, juga melarang seluruh pedagang kuliner/warung yang berada di sepanjang pantai wisata di Meulaboh, Aceh Barat, membuka usahanya pada siang dan malam hari. 

Bagi pemilik usaha warung, rumah makan, dan restoran, serta usaha dagang lainnya, tidak boleh membuka usahanya sejak ibadah salat Magrib dimulai hingga tuntasnya pelaksanaan ibadah salat Tarawih di masjid.

Beberapa Usaha Dilarang Buka Selama Ramadan

Selain bagi pelaku usaha makanan dan minuman, kata dia, Forkompimda Aceh Barat juga melarang setiap salon dan warung internet membuka usaha pada malam hari. 

“Khusus untuk pengusaha hotel, kafetaria, dan usaha billiard juga dilarang menggelar billiard, karaoke, dan hiburan lainnya selama bulan suci Ramadan, untuk menjaga kenyamanan ibadah,” demikian Azim.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pedagang di Aceh Barat Dilarang Jualan Pukul 05.00-15.30 Selama Ramadan, Hukuman Cambuk Menanti Bila Melanggar.

Selain larangan bagi pedagang kuliner di Aceh Barat, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.