Kasus Dugaan Koruspi Formula E Berlanjut, Ketua DPRD DKI Jakarta Dipanggil KPK
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi (Foto: Instagram @prasetyoedimarsudi)

Bagikan:

ACEH - Hari ini Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, datang ke kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memberikan keterangan terkait dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E.

Ini merupakan pemanggilan kedua dari KPK. Pada 8 Februari 2022 KPK juga meminta keterangan dari Prasetyo terkait kasus yang sama. 

 

"Pagi ini saya memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) soal kasus dugaan korupsi di penyelenggaraan Formula E," terang Prasetyo dalam akun Instagram-nya, Selasa, 22 Maret, dikutip VOI.

Prasetyo Edi Marsudi Siap Beri Keterangan Terkait Dugaan Korupsi Formula E

Prasetyo menyampaikan, dirinya sebagai warga negara dan pimpinan DPRD DKI Jakarta siap memberikan keterangan apa saja terkait dugaan kasus korupsi yang terjadi dalam penyelenggaraan ajang balap mobil listrik tersebut.

"Semoga keterangan yang saya dapat membantu penyidik dan membuat terang permasalahan Formula E di Jakarta," terang Prasetyo.

Usai memberikan keterangan pertama ke KPK pada awal Februari lalu, Prasetyo mengatakan bahwa ada permintaan dana kepada Bank DKI sebelum aturan pembiayaan Formula E disahkan.

"Jadi ada anggaran yang sebelum menjadi perda APBD itu sudah diijon kepada Bank DKI senilai Rp180 miliar," unglap Prasetyo kepada wartawan, Selasa, 8 Februari.

Dia mengatakan, permintaan tersebut melanggar aturan karena hal tersebut hanya bisa dilakukan setelah perundangan resmi dibuat.

"Dalam perundang-undangan setelah menjadi Perda APBD baru itu bisa dilakukan. Ini kan enggak tanpa konfirmasi kita, dia langsung berbuat sendiri," tegasnya.

Commitmen Fee

Lebih lanjut, dia mengaku sejak awal tidak diinformasikan mengenai commitment fee tersebut. Dia mengatakan, alih-alih memberi informasi, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, justru langsung membayarkan uang tersebut.

"Saya tidak diberitahu oleh Pak Gubernur dan dia membuat commitment fee yang pertama itu," imbuh politikus PDIP tersebut.

Artikel ini telah tayang dengan judul KPK Kembali Panggil Ketua DPRD DKI Terkait Dugaan Korupsi Formula E.

Selain dugaan korupsi Formula E, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.