Formula E Segera Digelar, Sponsor Belum Diumumkan hingga Saat Ini
Gembong Warsono/Foto: VOI

Bagikan:

ACEH - Kerahasiaan sponsor Formula E membuat Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono, merasa heran. Sementara, ajang balap mobil listrik tingkat dunia itu akan digelar kurang dari tiga minggu lagi.

BUMD PT Jakpro, penyelenggara, mengeklaim Formula E telah memiliki sponsor yang membiayai balapan tersebut. Namun, Gembong heran dan mempertanyakan belum adanya pengumanan mengenai sponsor tersebut. Terlebih lagi, tujuan suatu pihak mensponsori suatu kegiatan adalah terpampangnya nama mereka demi tujuan promosi.

"Katanya sponsor tidak mau diumumkan. Mana ada sponsor tidak mau diumumkan? Logikanya, namanya sponsor, ya terpampang, untuk mempromosikan dirinya," terang Gembong, dikutip VOI pada Selasa, 17 Mei.

Kesiapan dan Profit Formula E

Gembong pesimis dengan kesiapan penyelenggaraan Formula E yang akan dilaksanakan di Ancol ini. Dia juga meragukan klaim panitia pelaksana yang menyebut Formula E bisa mendulang untung hingga Rp1,4 triliun.

"Menghitung keuntungan jangan diawang-awang. Saya yakin, keuntungan itu bukan berarti dalam arti BUMD mendapat keuntungan real, tapi dihitung multilevel efeknya," terang Gembong.

Oleh sebab itu, Gembong mendukung rencana Ketua DPRD DKI untuk memanggil Jakpro sebagai BUMD penyelenggara Formula E untuk memberikan penjelasan terkait kepastian sponsor.

"Ketua Dewan memanggil Jakpro saya kira pas agar kita tahu kajian dari Jakpro kayak apa, hitungan keuntungan dari mana, kita mesti tahu. Duit yang dipakai Jakpro itu dari APBD (dalam penyertaan modal daerah), lho," tegasnya.

Sikap Wakil Gubernur DKI Jakarta Terkait Sponsor Formula E

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, tak banyak bicara mengenai kepastian sponsor Formula E. Menurut dia, Pemprov DKI tidak mencampuri urusan bisnis dari balapan mobil listrik yang diselenggarakan BUMD-nya.

"Kalau sponsor dan lain-lain silakan ditanyakan ke Jakpro sebagai penyelenggara. Kami, Pemprov, tidak mencampuri secara teknis, apalagi detail begitu," ucap Riza.

Artikel ini telah tayang dengan judul Heran Sponsor Formula E Belum Terungkap, PDIP: Logikanya, Sponsor Terpampang untuk Promosi.

Selain sponsor Formula E, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.