KPK Mengaku Tak Pandang Bulu dalam Menangani Dugaan Korupsi Formula-E dan Kasus Tes PCR
Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: Antara)

Bagikan:

ACEH – Terkait dugaan bisnis tes PCR dan dugaan korupsi balap Formula-E di DKI Jakarta, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, mengatakan bahwa lembaganya melakukan tindak lanjut.

Dua menteri kabinet Indonesia Maju dilaporkan terkait dugaan bisnis dalam proses pengadaan alat tes PCR. Kedua orang tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandajaitan, dan Menteri BUMN, Erick Thohir.

"Terkait dengan dugaan tindak pidana korupsi termasuk dugaan korupsi Formula-E dan tes PCR, kami sedang bekerja," ungkap Firli, dikutip dari akun Twitter @firlibahuri, Jumat, 5 November.

Dugaan Korupsi Formula-E Telah Diperiksa

Ia memastikan akan menyikat siapa pun yang terlibat dalam dugaan korupsi tersebut, tanpa pandang bulu. Ini dilakukan sebagai upaya KPK untuk mewujudkan Indonesia yang bebas korupsi.

"KPK tidak akan pernah lelah untuk memberantas korupsi. Siapapun pelakunya, kita akan tindak tegas sesuai ketentuan hukum," ungkap Firli.

"KPK tidak akan pandang bulu. KPK bekerja profesional sesuai kecukupan bukti," imbuhnya.

Sebelumnya, KPK mengaku telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pihak terkait dugaan korupsi pelaksanaan ajang balap internasional Formula-E yang akan digelar di DKI Jakarta. Meski demikian, tak dirinci siapa saja pihak yang dipanggil dan diperiksa itu.

Sementara untuk dugaan bisnis PCR, KPK baru saja menerima laporan dari Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA). Adapun alasan Wakil Ketua Umum PRIMA, Alif Kamal, melaporkan dua menteri tersebut adalah tindakan yang membuat masyarakat kesulitan di tengah pandemi COVID-19.

Selain itu, laporan ini dibuat karena harga tes PCR kerap berubah dan tidak jelas harga dasarnya. Ia memandang tak ada keterbukaan informasi sehingga masyarakat dibuat kebingungan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Soal Dugaan Korupsi Formula E dan Bisnis PCR, Firli Bahuri: KPK Tidak Akan Pandang Bulu.

Selain dugaan korupsi Formula-E dan tes PCR, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!