Berita Duka: Artis Serbabisa Dorce Gamalama Meninggal Dunia
Dorce Gamalama (Foto: IG @dg_kcp)

Bagikan:

ACEH - Kabar duka datang dari dunia selebritas, Dorce Gamalama meninggal dunia. Artis serbabisa ini meninggal hari ini, 16 Februari, di RS Pertamina, Jakarta Selatan. Hetty Sunjaya, kerabat Dorce, mengonfirmasi kabar tersebut.

"Benar, beliau meninggal di RS Pertamina. Ini masih di rumah sakit jenazahnya," ungkap Hetty saat dihubungi, dikutip VOI.

Nama Asli Dorce Gamalama

Dorce memiliki nama asli Dedi Yuliardi Ashadi. Dorce Gamalama merupakan nama panggung yang diberikan oleh Myrna, pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls. Dedi lebih sering menempatkan dirinya sebagai wanita.

Setelah semakin merasa terperangkap dalam tubuh laki-laki, Dedi kemudian memutuskan melakukan operasi ganti kelamin. Hal tersebut dilakukan pada tahun 1983.

Karier Dorce Gamalama

Pada 1990 Dorce mulai bermain film. Dia membintangi dua film sekaligus, yaitu Dorce Sok Akrab dan Dorce Ketemu Jodoh. Selain dunia peran, Dorce juga dikenal sebagai seorang penyanyi. Dia bahkan dikenal sebagai pencipta lagu yang produktif.

Sebagai seorang penyanyi, Dorce Gamalama pernah menghibur Megawati Soekarnoputri. Sementara di kepada Jokowi, Dorce memberikan dukungan saat Jokowi maju sebagai calon presiden tahun 2014. Dia membuat sebuah lagu berjudul Untuk Mu Jokowi.

Pada awal 2000-an, Dorce menjadi presenter acara Dorce Show. Semua aktivitas di dunia entertaimen dilakukan oleh artis serba bisa ini. Bahkan setahun terakhir, Dorce mencoba aktif sebagai Youtuber.

Dalam kehidupan sosial, Dorce dikenal sebagai sosok yang dermawan. Tak punya anak kandung, Dorce mengadopsi anak. Selain itu, Dorce Gamalama juga aktif dalam kegiatan sosial, mengurus Yayasan Dorce Halimatussa’diyah yang menyantuni sekitar 1.600 anak yatim piatu dan anak-anak dari keluarga tidak mampu.

Artikel ini telah tayang dengan judul Selamat Jalan Dorce Gamalama, Artis Serba Bisa yang Murah Senyum dan Punya Ribuan Anak Asuh.

Selain kabar duka Dorce Gamalama, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.