Ban Kapten Pelangi Khas LGBT di AFF 2021, Sikap PSSI Tegas
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (VOI)

Bagikan:

ACEH – Timnas sepak bola Indonesia tidak akan mengenakan ban pelangi saat tampil di AFF 2021. Hal itu diungkap oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, terkait dukungan yang diberikan oleh penyelenggara AFF terhadap LGBT (lesbi, gay, biseksual, transgender).

Sebelumnya, dalam laga timnas Thailand, Teerasil Dangda yang merupakan sang kapten mengenakan ban kapten pelangi. Ban kapten tersebut menjadi simbol dukungan terhadap komunitas LGBT.

Ketum PSSI Akan Telepon Indra Sjafri Terbaik Ban Kapten

Hal tersebut menimbulkan polemik dan menuai kritik dari pecinta sepak bola Tanah Air. Terkait hal itu, Iriawan memastikan bahwa kapten skuad Garuda tidak akan mengenakan ban pelangi dalam lama AFF 2021.

Dia akan langsung menelepon Direkktur Teknis PSSI, Indra Sjafri, yang mendampingi tim Merah Putih di Singapura. Hal ini demi memastikan timnas tak turut serta mendukung gerakan tersebut.

"Ya itu kan, hak masing-masing tim, klub, atau negaranya silakan saja kalau mau pakai atau tidak," kata Iriawan dalam keterangan yang diterima VOI, Senin 6 Desember.

"Tidak akan pakai. Saya telepon nanti ke Indra Sjafri. Kami putuskan tidak akan pakai dan akan hubungi ke sana. Kalau negara lain silahkan, kan budayanya beda," tegas pria yang kerap disapa Iwan Bule ini.

Timnas Kenakan Ban Biasa di AFF 2021, Bukan Ban Pelangi LGBT

Iriawan menambahkan, saat bertanding nanti timnas akan menggunakan ban kapten biasa. Ia bahkan akan menambahkan identitas Indonesia dengan menambahkan logo burung garuda.

"Kita maunya biasa aja ban kapten malah rencananya mau saya tambah garuda," pungkasnya.

Timnas Indonesia sendiri baru akan melakoni laga perdana pada 9 Desember menghadapi Kamboja. Setelah itu, Evan Dimas dkk. akan melawan Laos pada 12 Desember, Vietnam pada 15 Desember, dan Malaysia pada 19 Desember 2021.

Artikel ini telah tayang dengan judul Heboh Ban Pelangi Khas LGBT di Piala AFF, PSSI Tegaskan Timnas Menolak.

Selain ajang AFF 2021, ikuti berita serta info menarik dari dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.