Tanggap Erupsi Gunung Semeru, Anggota Legislatif PKS Diminta Potong Gaji untuk Donasi
Warga menonton material awan panas dari erupsi Gunung Semeru di Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu 5 Desember kemarin (ANTARA FOTO/Umarul Faruq/hp)

Bagikan:

ACEH – Beberapa waktu lalu Ketua Fraksi PKS DPR, Jazuli Juwaini, mengajak semua anggota legislatif fraksi PKS, baik di pusat maupun daerah, untuk memotong gaji sebagai donasi bagi korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

"Saya pribadi menyerahkan gaji bulan Desember untuk membantu masyarakat korban letusan Gunung Semeru. Kami juga mengajak seluruh anggota legislatif PKS dari pusat hingga daerah untuk potong gaji, mudah-mudahan dalam waktu dekat terealisir dan bisa disampaikan segera," terang Jazuli dalam keterangannya di Jakarta, Senin 6 Desember, dikutip VOI dari Antara.

Bantuan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Tak hanya kepada anggota legisatif, Jazuli juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia bergerak membantu para korban dengan cara dan kemampuan masing-masing sebagai bentuk solidaritas sosial nasional.

Dia mengatakan, FPKS akan terus memberikan bantuan, salah satunya dengan mendonasikan gaji dewan bulan Desember bagi para korban bencana erupsi Gunung Semeru.

"Atas nama Fraksi PKS kami ucapkan duka cita dan keprihatinan mendalam atas musibah meletusnya Gunung Semeru. Semoga korban jiwa meninggal segera dapat dievakuasi, keluarga dan masyarakat diberikan kesabaran dan ketabahan," ujarnya.

Menurutnya, struktur dan kader PKS sudah terjun ke lokasi bencana pada kesempatan pertama untuk membantu proses evakuasi dan tanggap darurat.

Gunung Semeru Meletus

Jazuli juga berharap pemerintah bergerak cepat menangani bencana letusan Gunung Semeru, terutama dalam mengevakuasi warga masyarakat di lokasi terdekat dengan Gunung Semeru.

"Kami berharap Pemerintah, BPBD dan BNPB, bergerak cepat, sistematis, dan koordinatif untuk menyelamatkan warga masyarakat. Jangan sampai ada hambatan teknis koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah karena keselamatan korban adalah prioritas utama saat ini," ujarnya.

Menurut dia, mitigasi dan penanganan korban jiwa harus dilakukan secara koordinatif dan sistematis agar dapat menyelamatkan banyak nyawa masyarakat.

Gunung Semeru atau Gunung Meru berada di Jawa Timur. Gunung Semeru yang erupsi 4 Desember merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Puncak Gunung Semeru adalah Mahameru dengan ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung Semeru tertinggi ketiga setelah Gunung Kerinci di Sumatra dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.

Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko. Lokasi Gunung Semeru masuk ke dalam dua kabupaten, Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Artikel ini telah tayang dengan judul Anggota DPR dan DPRD dari PKS Diminta Potong Gaji untuk Donasi Korban Gunung Semeru, Terkumpul Berapa?

Selain donasi untuk korban erupsi Gunung Semeru, ikuti berita serta info menarik dari dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.