Gunung Semeru Kembali Erupsi, Wapres Bertahan di Bandara
Foto via Antara

Bagikan:

ACEH – Hari ini Wakil Presiden Ma’ruf Amin dijadwalkan mengunjungi lokasi pengungsian serta menemui masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru. Namun, hal tersebut diurungkan sebab Gunung Semeru kembali erupsi pagi tadi.

Wapres pun akirnya bertahan di Bandara Internasional Juanda di Surabaya, Jawa Timur. Seharusnya Ma’ruf Amin dan rombongan hari ini mengunjungi Desa Penanggol, Kecamatan Candipuro.

Di Bandara Internasional Juanda, Wapres Ma’ruf Amin berdialog secara virtual dengan masyarakat terdampak erupsi. Di tempat tersebut, Wapres ditemani Gubernur Jawa Timu,r Khofifah Indar Parawansa, sementara mengikuti secara virtual antara lain Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto dan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq.

Gunung Semeru Erupsi Lagi, Wapres Dengarkan Aspirasi Warga secara Daring

Wapres mendengarkan aspirasi beberapa warga terdampak erupsi Gunung Semeru dalam dialog tersebut. Beberapa hal yang disampaikan antara lain mengenai relokasi hunian mereka yang terdampak erupsi.

"Sudah disiapkan semuanya, lahannya sudah siap dan rencana pembangunannya sudah siap. Dan tempatnya itu cari yang aman dari bahaya, insyaallah, yang penting bisa tenang di tempat hunian," kata Wapres, dikutip VOI dari Antara, Kamis, 16 Desember.

Wapres juga menyampaikan permohonan maaf karena tidak dapat meninjau langsung ke lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru. Wapres berpesan kepada seluruh warga terdampak erupsi untuk tetap sabar dan menjaga kesehatan.

"Saya mohon maaf saya tidak bisa hadir, tapi saya pastikan bahwa masalah tempat tinggal, masalah lain, itu sedang kami siapkan. Insyaallah semua sedang disiapkan, tempat tinggalnya akan dibangun, jalannya akan dibuat, jembatan juga sudah akan dibuat; tinggal sabar sedikit, supaya tenang," ujar Wapres.

Artikel ini telah tayang dengan judul Semeru Erupsi Lagi, Wapres Batal Temui Pengungsi dan Diskusi dengan Warga Digelar Virtual dari Bandara Juanda.

Selain erupsi Gunung Semeru, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.